Cara setting modem TP - Link


Baiklah pada postingan kali ini tentang cara setting modem speedy TP - Link, memang sudah banyak yang mengetahui caranya, tapi posting ini hanya untuk mengingatkan kembali mungkin ada yang lupa dengan caranya atau ada yang memang belum sempat tau,,, heheeh oke langsung aja,,,




Pertama kabel LAN dari modem sudah terhubung ke PC atau Laptop
selanjut buka firefox atau IE atau browser lain

Jangan Lupa ketik
Username : admin
Password : admin (default dari speedy)

Lalu tekan OK, maka akan tampil seperti tampilan dibawah ini..


nah, dihalaman utama tersebut pilih atau klik  Quick Start. kemudian Run wizard.




Selanjutnya Klik Next, kemudian Akan diminta zona waktu, pilih saja GMT+7:00 Bangkok.Jakarta.hanoi.
Klik Next lagi..

    Langkah selanjutnya adalah pilihlah tipe koneksi PPPoE/PPPoA. lalu klik Next.
Note: Apabila yang dipakai adalah Router atau Server sejenis mikrotik, maka untuk melakukan Dial-Up nya, pilih Bridge Mode, lalu klik next sampai Finish.
Karena Dipostingan ini membahas soal Router ADSL, maka kita pilih PPPoE/PPPoA.

Terus bagaimana dengan settingan didalamnya.? berikut adalah keterangan lengkapnya.
Lihat Gambar Di bawah ini.
Klik gambar untuk Zooming.

  •     Username : nomorspeedy@telkom.net
  •     Password : password
  •     VPI          : 8         (Agar yakin silakan browsing referensi Daftar VPI, karena tiap daerah berbeda-beda.)
  •     VCI         : 81       (silakan browsing referensi Daftar VCI, beda juga brow tiap daerah..)
  •     Connection Type : PPPoE LLc.
  •     Kalau Sudah jangan lupa Klik NEXT.
Catatan : Sebelum Kita reset modem yang ada di tempat kita ada baiknya kita catat terlebih dahulu Nomor speedy dan password speedy ( terdiri dari 10 kombinasi Huruf dan angka yang diberikan secara langsung oleh pihak speedy ketika pasang modem pertama kali), atau Jika Kita lupa dengan nomor speedy ataupun password yang diberikan speedy entah itu lupa disimpan dimana, ada cara lain untuk melihatnya tanpa harus ngacak-ngacak laci atau lemari, Untuk itu sobat bisa lihat pada postingan saya sebelumnya yaitu cara mengetahui nomor speedy yang terlupakan.

Note:
Pada umumnya Speedy telah menggunakan mode DHCP, settingan nya pun menggunkan PPoE, Untuk itu kita tidak diharuskan untuk memasukkan IP statik. Intinya secara otomatis Modem meminta IP kosong ke server Speedy. (maka Kosongkan bagian itu) Faham yah brow..
    Langkah selanjutnya kalau memang sudah yakin sesuai proses yang dijelaskan diatas maka Klik Next. kalau belum yakin, bang brow bisa klik 'Back' untuk penyesuaian settingan kembali. jika sudah selesai jangan lupa Klik Close dan Restart atau Reboot modem nya.
Langkah selanjutnya kita setting IP address di PC atau Laptop yang ada dihadapan kita sekarang dengan cara kita masuk ke control panel kemudian pilih "Local Connection Area Status" >> Properties >> General >> Internet Protocol TCP/IP >> Properties >> Obtain an IP Address automatically. kenapa harus automatically?.. karena kata speedynya kalau DHCP nya aktif supaya stabil dan terhindar dari bentrok IP denga user yang lain.
Oiya bang brow Jangan lupa untuk masukkan DNS nya sesuai dengan DNS server dari speedy.
Langkah selanjutnya adalah Sruput kopi bang brow sambil ngenet ria dengan speedy unlimited kita... Akhir kata adalah Semoga cara setting awal router modem TP-Link ini bermanfaat untuk semuanya khususnya untuk saya yang masih belajar...

Comments