Cara Mengganti RAM Komputer sendiri

Cara Mengganti RAM Komputer sendiri - Dari pada dibawa ke tukang service komputer lebih baik kita mengganti RAM komputer kita sendiri. Mengganti RAM pada komputer sangatlah mudah bagi yang tau. Tetapi sebagian besar pengguna komputer belum semuanya tau tentang cara mengganti RAM komputer sendiri.

Saya sangat yakin setelah anda membaca artikel "Cara Mengganti RAM Komputer sendiri" ini, saya jamin anda akan mengetahui tentang cara mengganti RAM pada komputer anda. Sebelum saya membahas tentang cara mengganti RAM komputer, saya akan sedikit membahas tentang apa itu RAM dan kegunaan nya.

RAM (random access memory) berfungsi untuk memegang arahan data yang akan di proses oleh processor. RAM ini tempat penyimpanan yang sifat nya hanya sementara. Jadi ketika kita mematikan komputer, si RAM ini tidak lagi menyimpan data - data pada saat komputer belum dimatikan.

Ram ini sangat penting keberadaan nya bagi komputer anda, coba saja bila anda menghidupkan komputer anda tanpa RAM (gak bakal bisa). Tetapi menurut saya komponen RAM ini adalah komponen komputer yang paling awet atau jarang rusak, tetapi sebagian orang sering mengganti RAM nya karna kepentingan kecepatan komputer. Karna memang RAM ini berperan penting dalam proses kecepatan komputer.

Saya rasa anda sudah mendapat gambaran apa fungsi RAM pada komputer ini, berikutnya kita akan melakukan pemasangan RAM pada Motherboard. Perlu diperhatikan pada saat anda ingin mengganti RAM pada komputer anda, cari lah RAM yang sesuai dengan Motherboard yang anda gunakan.

Setelah anda membeli RAM yang sesuai dengan Motherboard anda, kita akan masuk ke langkah - langkah mengganti RAM pada komputer kita sendiri. Berikut ini adalah langkah - langkah nya.


 Langkah - Langkah Mengganti RAM Komputer

1. Yang pertama anda lakukan tentunya membuka kesing CPU anda. Jangan takut dalam membuka kesing CPU anda. Karena tidak akan ada kerusakan selama anda benar - benar memperhatikan baut mana saja yang harus di buka (sebaiknya posisi CPU di tidurkan).

2. Cari komponen RAM anda. contoh gambar RAM di bawah ini :


Cara mengganti RAM komputer

3. Untuk membukanya Buka pengunci slot ( di setiap ujung slot memory pada motherboard ). Tekan penggunci RAM tersebut bersamaan di setiap ujung RAM.

4. Setelah terbuka saran saya di bersihkan terlebih dahulu tempat slot RAM komputer anda. Biasanya terdapat banyak debu di bagian itu.

5. Setelah anda bersihkan, ambil RAM yang akan menggantikan RAM lama, lalu masukan kedalam slot RAM secara bersamaan (kanan dan kirinya). Perlu di perhatikan sebelum anda memasukan RAM pada slot RAM, anda harus memastikan bahwa RAM tersebut tidak terbalik. Karna bila terbalik anda memasang nya, tidak akan bisa pas dengan slot RAM.

6. Setelah berhasil memasang RAM tersebut, silahkan anda coba untuk menghidupkan komputer anda. Bila tidak terjadi kesalahan maka komputer akan berjalan normal seperti biasanya.

7. Setelah komputer anda berhasil hidup dengan normal. maka pasang kembali kesing - kesing yang sudah anda lepas pada langkah pertama.

Nah itulah tadi tutorial tentang cara mengganti RAM komputer anda. Bila anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan, anda bisa tanyakan langsung di kolom komentar yang telah disediakan. Sebelum saya mengakhiri artikel ini, saya ingin mengingatkan kepada anda, Jangan anda mengganti RAM pada saat komputer menyala. Karna akan menimbulkan badsector pada hardisk anda.

Sekian dari saya, terimakasih anda telah berkunjung ke ComputerSolution ini, jangan lupa kembali lagi bila anda membutuhkan tutorial komputer dan internet, Ada di ComputerSolution

Comments