Google Caffeine : Algoritma baru google di 2010

Google Caffeine : Algoritma baru google di 2010 - Find4something.blogspot.com - Computer Solution - Tanpa disangka-sangka ternyata google melakukan update sistem perangkingan atau algoritma yang "mungkin" bersifat mayor update ditahun 2010 ini. Update ini diberi codename : google caffeine !

Baca juga : 11 Algoritma Google dan Penjelasannya

Pendahuluan

Google, raksasa internet ini seperti sobat ketahui selalu melakukan langkah-langkah inovatif untuk terus meninggalkan rival-rivalnya seperti microsoft dengan bing-nya dan yahoo. Sebenarnya proyek rahasia ini pertama kali datang ke diskusi pada bulan Agustus 2009, berikut pernyataan penuh google :
"Based on the success we've seen, we believe Caffeine is ready for a larger audience. Soon we will activate Caffeine more widely, beginning with one data centre. This sandbox is no longer necessary and has been retired, but we appreciate the testing and positive input that webmasters and publishers have given."
Apa yang berubah ?
Jika sobat mengecek ke google setelah membaca postingan blog belajar seo blogspot-nya juragan kali ini dan tidak melihat perubahan apapun, jangan berpikiran negatif dulu, karena secara UI (User Interface) atau tampilan memang tidak ada yang berubah. Karena ini adalah update algoritma yaitu perubahaan sistem, kualitas pencarian serta cara google menentukan tingkat relefansi suatu konten atau web/blog terhadap katakunci yang lebih rumit dan dengan hasil pencarian yang lebih banyak.

google caffeine : algoritma baru google 2010

Apa Penyebabnya bagi sobat yang sedang melakukan optimasi SE ?

  • Hal ini dapat mengubah cara anda melakukan optimasi yang selama ini sukses membawa pengunjung dari google.
  • Dapat menghancurkan posisi Anda di halaman pencarian jika salah dalam menentukan sikap.
  • Dapat memberikan kesempatan pesaing untuk mengalahkan Anda.
Faktor-faktor apa yang mempengaruhi posisi serp pada update algoritma ini ?

  • Halaman yang cepat ketika diload. Kecepatan situs adalah faktor yang cukup berpengaruh besar dalam algoritma baru google ini. Sebagai bahan referensi, lihat artikel cara mempercepat blog.
  • Pengkodean web yang bersih/valid html.
  • Penggunaan kode skrip serta penggunaan konten flash harus dioptimalkan.
  • Website yang dibangun dengan CMS yang berat dapat mengganggu algoritma baru google.
  • Panjang halaman yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.
  • Perbanyak penggunaan kata-kata sinonim dari katakunci yang ditargetkan.
  • Periksa dengan hati-hati yang link yang rusak atau broken link di situs Web/blog sobat.
  • Optimasi onpage pada web/blog akan mulai memainkan peran yang lebih besar.
  • Situs sosial: Pada algoritma google yang baru, google caffeine sangat memperhitungkan link dari social bookmarking, forum, dan situs-situs sosial lainnya.
Penutup

Demikianlah postingan kali ini, semoga perubahan yang google lakukan tidak berpengaruh buruk bagi blog sobat sekalian. Serta dapat menjadikan update algoritma ini sebagai sebuah batu loncatan untuk meningkatkan level kekreatifan kita masing-masing. Wassalam dan sampai jumpa di postingan seo selanjutnya.

Comments