Google Page Rank Dan Manfaatnya


Saya akan memberitahu satu hal kepada temen-temen semua, kalau saya sebenarnya punya beberapa blog. Dan blog-blog tersebut saya atur sedemikian rupa sehingga saling berhubungan satu sama lain. Setelah berhasil meningkatkan google page rank pada beberapa blog saya. Maka saya pikir nggak ada salahnya saya berbagi sedikit tips atau cara yang saya gunakan untuk meningkatkan page rank blog kepada teman-teman terutama bagi yang baru terjun kedalam dunia blogging dan yang berminat untuk mencari uang di internet. Nah sebelum saya memberikan tips-tipsnya. Mungkin ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu google page rank dan manfaatnya.

 

Berdasarkan penjelasan dari wikipedia, Page Rank adalah suatu alat yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin untuk menentukan situs mana yang lebih populer dan layak untuk ditampilkan pada halaman utama mesin pencari google. Page rank dihitung dari 0-10. Semakin tinggi page ranknya. Semakin populer pula situs tersebut di halaman mesin pencari.

Manfaat Page Rank bagi Blogger

Blog yang mempunyai page rank tinggi biasanya akan mendapatkan posisi yang lebih bagus dihalaman mesin pencari dibandingkan dengan blog yang mempunyai page rank rendah. Contohnya: Sebuah situs yang memiliki Page Rank 9 akan diurutkan terlebih dahulu dalam halaman pencarian Google dibandingkan dengan situs yang memiliki page rank 8 dan seterusnya. Sehingga kemungkinan situs tersebut dikunjungi oleh pengguna internet semakin besar. Oleh sebab itulah, para advertiser atau pemasang iklan lebih senang mempromosikan produk maupun jasanya pada situs yang berpage rank tinggi dibandingkan dengan situs berpage rank rendah. Dengan kata lain semakin tinggi page rank blog anda semakin mudah bagi anda untuk menghasilkan uang di internet.

Cara Google menentukan page rank sebuah website

Ada banyak cara yang digunakan mesin pencari Google dalam menentukan ranking sebuah web. Seperti penggunaan Meta Tag, penekanan pada konten atau isi yang unik, inbound link, dan teknik-teknik lainnya. Link popularity adalah sebuah teknik yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan pada teknik Meta Tag (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan merancang halaman khusus untuk search engine yang disebut doorway pages.

Page rank mempunyai konsep yang hampir sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan "jumlah" dari inbound dan outbound link saja. Melainkan juga menilai dari kualitas link yang mengarah ke situs tersebut. Contohnya situs A di link oleh 1 situs berPR 2 dan situs B di link oleh 2 situs berPR 1. Maka situs yang mendapat hasil yang bagus adalah situs A. Dan begitu seterusnya. Sebenarnya Google mempunyai rumus tersendiri dalam menghitung page rank sebuah website, tapi karena sangat rumit perhitungannya. Jadi tidak saya cantumkan disini. Bagi anda yang ingin mengetahui rumusnya. Silahkan tanya ke om wiki aja. Ini alamatnya http://en.wikipedia.org/wiki/Page_rank .

Demikian tadi penjelasan singkat tentang Google Page Rank. Untuk tips-tips meningkatkan page rank akan saya sharing pada postingan berikutnya.

Comments