Mengapa Komentar Blog Dihapus - Find4Something

Mengapa Komentar Blog Dihapus

Mengapa komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan? Ada beberapa jawaban yang menjadi penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi. Namun terlebih dahulu, kita wajib mengetahui juga alasan orang membuat komentar.
Komentar Blog Dihapus
Pada dasarnya komentar blog adalah untuk menanggapi tulisan artikel yang telah dibaca. Bentuk komentar bisa bermacam-macam, bisa setuju atau menolak isi artikel, mengkritik atau meralat tulisan, bertanya karena kurang mengerti isi tulisan, bahkan menulis komentar sampah (spam) yang tidak ada kaitan dengan isi tulisan.
Komentar bersifat optional yang artinya tidak wajib ditulis ketika seseorang telah membaca artikel blog. Tidak ada keharusan pembaca membuat komentar, sekalipun artikel tersebut luar biasa hebat. Dan ini pun punya alasan yang beragam pula, mengapa pembaca tidak mau meninggalkan komentar.
Berbagai alasan dan tujuan pembaca membuat komentar di blog. Ada yang memang menanggapi tulisan tersebut, ada juga yang ingin meninggalkan jejak link blog untuk mencari backlink, ada juga yang bertujuan mempromosikan blog atau beriklan, ada yang sengaja menghina, menghasut, memprovokasi seseorang atau pemilik blog lewat kolom komentar. Bahkan saya pernah mendapat komentar yang berisi script virus.

Mengapa komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan

Dari uraian di atas, setelah mengetahui alasan dan tujuan membuat komentar di blog, beberapa pemilik blog akan mengantisipasi komentar yang masuk. Sebenarnya, pemilik blog akan senang jika ada tulisan/artikel yang ada di blog-nya dikomentari. Berati ada diskusi atau tanggapan terhadap apa yang telah ditulis, hanya saja tidak semua komentar dapat memuaskan pemilik blog.
Alasan utama komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan adalah komentator telah melanggar aturan yang telah dibuat oleh pemilik blog atau bisa jadi komentar tidak berkenan di hati pemilik blog. Selain itu, ada juga halaman yang memang tidak memerlukan dan diharapkan dikomentari.
Komentar yang baik, sopan serta sesuai dengan materi artikel, tentu sangat diharapkan, namun apa yang terjadi? Tujuan dan alasan berkomentar yang hanya mencari backlink, spamming, promosi, mengandung kata-kata kotor, provokasi, bertentangan dengan SARA, mungkin oleh sebagian pemilik blog dianggap merusak tampilan kolom komentar. Tindakan selanjutnya adalah menghapus atau tidak menampilkan jika komentar melalui moderasi terlebih dahulu.
Terlebih untuk blog yang memperhatikan SEO. Dengan meloloskan dan menerima komentar spam yang telah ditandai oleh anti spam seperti akismet, dll, akan menjadi masalah untuk Google. Out link aktif (active link) yang banyak di kolom komentar akan menimbulkan kerugian popularitas blog (meski nofollow). Jika SEO diperhatikan oleh pemilik blog, kemungkinan besar komentar dengan link aktif atau spamming akan dihapus atau tidak ditampilkan (kecuali dengan pertimbangan tertentu).
Jika di atas atau di bawah kolom komentar terdapat tulisan, semisal: “Maaf jangan memberi link aktif” atau “link aktif akan dihapus” “komentar sesuai topik artikel” “berkomentar dengan sopan” dan lain-lain, namun kita mengabaikan peringatan tersebut, pastilah komentar dihapus atau tidakditampilkan
Bila berkomentar di blog yang berbeda bahasa dan berkomentar dengan bahasa kita sendiri, kemungkinan besar juga dihapus atau tidak ditampilkan, terlebih hanya bertujuan nyepam.
Bagaimana jika ingin mencari backlink atau promosi? Beberapa blog mengaktifkan kolom “website” atau “URL” pada kolom komentar, gunakan fasilitas tersebut. Jika blog menggunakan komentar pihak ketiga seperti discuss, openID, dll, buat akun dan isi profil dengan URL Anda. Jika terpaksa mengisi kolom komentar dengan link aktif, cobalah menghubungi pemilik blog atau membuat alasan dengan tepat mengapa perlu active link.
Buat komentar yang sopan, sesuai topik dan aturan yang telah ditetapkan pemilik blog. Atau lebih baik tidak berkomentar jika nantinya komentar akan dihapus atau tidak ditampilkan. Bila ingin berkomentar, komentarlah… namun pemilik blog mempunyai hak untuk melakukan penghapusan atau tidak menampilkan komentar Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Komentar Blog Dihapus"

Post a Comment