Pengertian Keyword Density

engertian Keyword Density atau Kepadatan kata kunci adalah persentase kata kunci atau frase dibandingkan dengan jumlah total kata yang muncul pada halaman web. Dalam teknik SEO atau optimasi mesin pencari kepadatan kata kunci dapat digunakan sebagai faktor dalam menentukan apakah suatu halaman web relevan dengan kata kunci tertentu atau frase kata kunci.

Keyword Density merupakan faktor penting bagaimana artikel sebuah blog menduduki peringkat di hasil mesin pencari. Namun, jika Keyword atau kata kunci lebih atau kurang, dapat pula menjadi faktor minus dalam peringkat SERP. Bahkan jika berlebihan akan menyebabkan halaman web akan kena hukuman.
Banyak ahli SEO berpendapat dan mempertimbangkan keyword density yang optimal adalah 1 sampai 5 persen. Menggunakan keyword  lebih dari itu bisa dianggap spam oleh mesin pencarian. Mesin pencari Google saat ini lebih menyukai dari fresh content tanpa banyak pengulangan keyword atau kata kunci dalam artikel tersebut.
Untuk menghitung Keyword Density atau kepadatan kata kunci pada halaman web untuk tujuan SEO secara tepat, yaitu dengan menggunakan bantuan tools online yang dapat Anda gunakan:

Tentunya masih banyak lagi tools penghitung kepadatan kata kunci atau Keyword Density yang dapat digunakan.
Untuk saat ini agar tidak terkena keyword stuffing oleh Google, buatlah artikel yang baik dengan Keyword Density yang wajar agar tidak jauh posisi di SERP Google.

Comments