Pengertian Sistem Operasi Komputer (Operating System)


Pengertian Sistem Operasi Komputer
Secara umum Sistem Operasi dapat diartikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer, dan sebagai landasan untuk aplikasi yang berada diatasnya serta bertindak sebagai penghubung antara penguna dan perangkat keras komputer. Setelah sebelumnya blogsolu.com telah membagikan artikel tentang sejarah sistem operasi komputer kali ini ComputerSolution akan membahas secara sepesifik tentang pengertian sistem operasi komputer itu sendiri.

Pengertian Sistem operasi dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, Berikut uraiannya :

  1. Pengguna. Sistem operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer.
    Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.
  2. Sistem. Berfungsi sebagai alat yang dapat menempatkan sumber daya secara efisien (Resource Allocator). Sistem Operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien, serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Sistem Operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat tanpa henti dan disebut dengan kernel.
  3. Tujuan sistem. Berfungsi sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna atau user.
Windows dan Linux merupakan contoh sistem operasi bagian dari perangkat lunak. Sistem Operasi yang umumnya banyak digunakan adalah sistem operasi Flatform Windows, seperti windows 3.10, 3.11, 95, 98, 2000, ME, NT, XP, dan 2003. Selain itu, ada juga sistem operasi Flatfrom DOS, yaitu PC-DOS yang dikeluarkan oleh prusahaan IBM Corporation dan MS-DOS yang dikeluarkan oleh prusahaan microsoft corp.

Microsoft Corp telah mengeluarkan produk windows, sebagai berikut :

  • Windows 3.10 / 3.11 Tahun 1990.
  • Windows 95 Tahun 1995.
  • Windows 98 Tahun 1998.
  • Windows 2000 Tahun 2000.
  • Windows ME Tahun 2000.
  • Windows XP Tahun 2001.
  • Windows 2003 Tahun 2003.
  • dll.
Terakhir Microsoft Corp mengeluarkan produk barunya yaitu windows 8. Selama perkembangan setiap versi atau release tersebut, Microsoft Corp selalu memperhatikan fasilitas - fasilitas baru dan kemudahan - kemudahan dalam penggunaannya. Selain sistem operasi DOS dan windows, sistem operasi yang sekarang banyak juga dilirik oleh masyarakat penguna komputer adalah sistem operasi GNU/LINUX.
Sistem operasi GNU/LINUX ini merupakan perangkat lunak open source. Sistem Operasi ini menawarkan fasilitas - fasilitas dan kemudahan - kemudahan dalam penggunaannya. Meskipun demikian, Sistem Operasi windows masih tetap mendominasi. Hal tersebut dikarenakan orang "enggan" untuk berpindah dari sistem operasi yang baru seperti linux. Linuk pun terus berusaha mengembangkan daya tariknya.

Hal ini terbukti dengan beberapa versi keluaran Linux yang ada, yaitu :

  • Linuk Mandrake.
  • Linux Red Hat.
  • LTSP (Linux Terminal Server).
 Nah itulah tadi PENGERTIAN SISTEM OPERASI KOMPUTER beserta prusahaan - prusahaan yang membuat atau memproduksi Sistem Operasi itu sendiri. Semoga artikel yang saya buat ini, bermanfaat buat kalian semua

Comments