10 Cara Untuk Meningkatkan Produktifitas Web Developer - Find4Something

10 Cara Untuk Meningkatkan Produktifitas Web Developer

Web Developer bisa lebih produktif dengan hal besar ataupun hal kecil, di sini kami mengumpulkan beberapa tips untuk meningkatkan produktifitas web developer.
Meskipun kami tidak bisa memberikan jaminan kalau produktifas anda dapat meningkat pesat dengan membaca artikel ini, semuanya balik lagi ke kebiasaan dan “cara” anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kami berharap dengan tips atau cara-cara di bawah ini rule Web Development anda jadi lebih cepat dan tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia.

1. Gunakan Framework Web Development

Framework itu ibarat kerangka dari suatu mesin, misalkan anda mau membangun sebuah motor yang keren dan cepat anda tidak perlu membuat motor itu dari 0. Pakailah framework atau kerangka yang sudah ada, anda tinggal konsentrasi ke design, user experience dan aksesoris lainnya, so pekerjaan membangun motor jadi lebih cepat :) .
Dalam Web Development juga begitu, ketika anda bisa menggunakan salah satu framework untuk mengembangkan website maka pekerjaan anda jadi lebih cepat dan banyak lagi keuntungan yang di dapat.
Beberapa Keuntungan menggunakan framework:
  • Mempunyai fitur yang menyediakan solusi umum yang biasa di hadapi web development (contoh: web page standar, function web form dan kecocokan dengan bermacam-macam browser).
  • Framework sudah di uji oleh ribuan web developer lain untuk bugs, security dan performance.
  • Mudah untuk reuse atau menggunakan kode yang sama berulang kali, karena framework mempunyai API yang konsisten dengan fungsi-fungsi yang sudah di publish.
  • Mempunyai Komunitas yang mendukung pengembangan dari framework tersebut, di dalam komunitas ini anda bisa mengetahui cara memaksimalkan penggunaan suatu framework atau bahkan ikut memberikan masukan agar  framework yang anda gunakan lebih maksimal.
  • Lebih mudah di gunakan, terutama oleh pemula.
Keuntungan-keuntungan di atas bisa membantu mempercepat pekerjaan anda, sehingga produktifas anda bisa meningkat pesat.
Beberapa contoh Framework Web Development yang bisa anda gunakan:
  • Framework Web Development –> Ruby, CakePHP, CodeIgniter, Yii, dll
  • Framework Javascript –> JQuery, Mootools dan banyak class javascript lainnya. Javascript framework biasanya di gunakan untuk mempercantik tampilan suatu website. Animasi dan efek-efek web yang cantik bisa di hasilkan dari framework javascript di atas.
  • Framework CSS –> Jika anda ingin mempercepat mendesign dan menerapkannya dalam website gunakanlah Framework CSS, Contoh framework CSS yang populer adalah 960 Grid System dan Toast.

2. Membuat Library dari Code Snippets

Recycle kode atau script yang sudah anda buat!! Buat kumpulan kode yang sering anda pakai saat coding, kumpulkan snippets yang sering anda gunakan agar mudah saat dicari dan digunakan.
Cara yang paling simple, anda bisa mengumpulkan source code dan file text di folder atau direktori dan membukanya kembali saat di butuhkan. Tapi cara di atas kurang efisien, ada cara yang lebih mudah dan useful tentunya.
Gunakan code editor atau IDE yang memungkinkan anda untuk menyimpan Code Snippets. Sebagai contoh, Notepad++ mempunyai plugin SnippetPlus dan Dreamweaver mempunyai tools bawaan Snippets Panel bahkan tools bawaan Dreamweaver ini sudah mempunyai kumpulan snippets yang sering digunakan dan siap pakai.

3. Gunakan Tools sesuai dengan Fungsinya

Ibarat mau maju ke medan perang, pastikan anda membawa senjata yang lengkap dan tepat, ini akan membantu anda untuk memenangkan peperangan. Begitu juga dengan web development, pastikan anda mempunyai tools yang lengkap dan tepat dan bisa membantu anda menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat.
Jika anda seorang Web Designer, anda mungkin sangat membutuhkan Photoshop dan Illustrator. Jika anda seorang developer, anda membutuhkan satu paket tools yang tepat (Notepad++, Library yang sering digunakan, dll)  agar pekerjaan anda bisa cepat di selesaikan.
Tentunya, paket tool antara Professional dan orang kebanyakan berbeda. Tidak semua orang membutuhkan Coda Web Development suite untuk membuat website – beberapa orang cukup menggunakan Notepad untuk membuat website.

4. Kumpulkan dan Organize Free Design dan Resource

Sekarang ini banyak sekali website yang memberikan design dan resource yang bisa di pakai ulang untuk project-project anda. Follow atau submit RSS website yang memberikan free design, resource dan tips2 yang berguna untuk mempercepat pekerjaan.
Belakangan ini saya senang mengumpulkan icon, template Photoshop, Vector Illustrations, Artwork buttons, GUI elements, Photoshop brushes, @font-face kits dan beberapa hal penting lain untuk design.
Mempunyai banyak resource sangat membantu untuk pekerjaan anda, contohnya anda jadi lebih cepat untuk membuat mockup di photoshop dan cepat menunjukan hasilnya ke client anda. Bukankah ini meningkatkan produktifas dan pelayanan tentunya :)

5. Bekerja berdasarkan deadline

Bekerja berdasarkan deadline bagi kebanyakan orang mungkin tidak menyenangkan, karena harus berpacu dengan waktu, coding lebih cepat dan seterusnya. Tapi percayalah deadline membuat otak anda berkembang lebih baik yang implikasinya anda lebih kreatif dan produktifitas dan ide akan meningkat.
Contohnya: beri waktu 10-20 menit untuk membuat image slider, dengan waktu yang terbatas anda akan lebih kreatif dan cepat untuk menyelesaikan masalah. Googling sejenak dan mendapatkan library Nivo Slider misalnya, slider sudah dapat sekarang anda tinggal atur untuk CSS dan sesuaikan dengan mockup anda.
Bandingkan jika waktu untuk membuat image slider ini berjam-jam, otak anda jadi lebih santai dan cenderung kurang produktif karena kurang maksimal untuk berpacu dengan waktu.

6. Istirahat

Yang sangat penting jika anda bekerja dengan deadline adalah selingin pekerjaan anda dengan break atau istirahat. Ini sangat penting agar kinerja otak anda tetap semangat dan optimal. Berjalan ke dapur atau ke toilet mungkin membantu anda untuk memulihkan kondisi otak anda.
Cara yang paling banyak di lakukan oleh Web Developer adalah 20 menit bekerja dengan satu task kemudian istirahat 5 menit untuk browsing, bikin kopi dll. Dengan cara di atas anda lebih konsisten dengan target dan otak juga beristirahat karena tidak terus menerus di pacu.

7. Luangkan waktu untuk belajar

Teruslah belajar!! Di industri digital semuanya berjalan dengan cepat, jika anda tidak update informasi dan trend maka anda akan ketinggalan.
Blogwalking dan cari informasi tentang design atau contoh2 website yang sedang trend ini membantu untuk memberikan ide dan meningkatkan kreatifitas.

8. Buat Jadwal

Gunakan Google Calendar, iCal atau tools lainnya untuk membuat jadwal deadline project, meeting ataupun hal lainnya. Ini sangat membantu untuk meningkatkan produktifias dan service anda tentunya.
Kalau saya pribadi menyarankan untuk memberikan tenggat waktu dalam setiap pekerjaan, jadi setiap hasil pekerjaan yang akan di serahkan ke end user berjalan dengan baik. Misalkan deadline dengan end user tanggal 10 buatlah deadline pribadi tanggal 5, jadi misalkan ada hal-hal di luar rencana anda masih punya waktu untuk membereskannya.

9.  Perhatikan Goal!!

Dalam mengerjakan suatu design atau development seringkali kita terjebak dalam ego” dan menepikan goal dari project itu sendiri. Ego di sini dalam arti kita memaksakan apa yang terbaik menurut pengetahuan kita tapi belum tentu menurut si client itu sendiri. Yang terbaik adalah, arahkan client ke solusi terbaik tanpa meninggalkan kebutuhan atau goal dari client.
Sebelum mengerjakan project dari client, saya selalu memperhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Color scheme
  • Goal dari website itu sendiri
  • Content apa aja yang akan di tampilkan
  • Beberapa ide design yang sudah ada dan cocok untuk project ini
Mengetahui apa yang menjadi tujuan akan membuat anda bekerja tetap on the track dan mengahsilkan pekerjaan yang memuaskan juga.

10. Jangan dibikin Pusing

Ini mungkin yang paling penting dari semua tips di atas, jangan di buat pusing oleh pekerjaan anda :D . Jangan buat deadline yang terlalu mepet dan memaksa anda untuk bekerja dengan tingkat stress yang tinggi. Jangan berikan apa yang tidak anda punya atau yang anda tidak mampu untuk kerjakan.
Buat pekerjaan jadi menyenangkan dan anda menikmatinya, karena jika anda bekerja dengan cinta tanpa di buat pusing oleh pekerjaan anda maka hasilnya akan lebih maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Untuk Meningkatkan Produktifitas Web Developer"

Post a Comment