Apa itu DONGLE


DONGLE sejak lama dipakai untuk mengamankan software yang dijual. DI dalam aplikasi yang dibuat, selalu dilakukan pengecekan kode-kode tertentu yang ada di dalam DONGLE. Karena DONGLE adalah perangkat keras, maka asumsinya lebih sulit untuk menduplikasinya atau membajaknya dari pada security yang hanya mengandalkan software.

DONGLE sendiri, jika hanya menyimpan KODE tertentu dan aplikasi kita hanya mengecek ada tidaknya kode dalam DONGLE tersebut adalah sangat mudah diakali. APlikasi akhirnya dimodifikasi agar tidak mengecek keberadaan DONGLE tersebut (di bypass). AKhirnya bisa jalan tanpa DONGLE.

DONGLE yang ideal tidak hanya menyimpan kode kecil untuk dicek keberadaannya, tetapi menyimpan FUNGSI tertentu dari aplikasi kita. Jika DONGLE tidak ada, maka fungsi tertentu yang sangat penting jadi tidak jalan. Itu yang IDEAL!

DONGLE generasi lama pada umumnya menggunakan port PARALEL. Setelah muncul interface USB, DONGLE muncul juga dalam bentuk USB. Saya kira fungsinya sama, kalau kita bica DONGLE dalam pengertian seperti ini.

Bicara FLASHDISK bisa lain lagi, terdapat peluang-peluang baru untuk memanfaatkan FLASH untuk menggantikan fungsi DONGLE. Sejauh mana itu keampuhannya, mari kita lihat perkembangannya. Yang pasti di Indonesia, sudah mulai ada software komersial yang dijual menggunakan FLASHDISK.

Comments