Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows?? - Find4Something

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??

Selamat malam sobat find4something. Pada malam ini, saya akan share tentang Perbedaan PoweShell dan Command Prompt di Windows

Mungkin sejak Windows 7, kamu mengetahui ada hal baru untuk menuliskan pemrograman selain di Command Prompt yaitu PowerShell. PowerShell jauh lebih bagus dan baik dibandingkan dengan Command Prompt, administrator dapat lebih menggunakan bahasa pemrograman yang lebih berguna. Selain itu, sepertinya Commandt Prompt sudah kalah dengan Shell sistem operasi lainnya seperti Linux dan Unix. Namun PowerShell dapat bersaing dengan baik dari Shell lainnya.

Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt?
PowerShell sangatlah berebeda dengan Command Prompt, menggunakan baris perintah berbeda yang dikenal dengan cmdlet. Banyak tugas-tugas administrasi sistem yang dapat mengatur registry ke WMI (Windows Management Instrumentation), sementara Command Prompt tidak mampu untuk mengatasi hal ini.
PowerShell memanfaatkan pipa seperti yang dilakukan Linux dan Unix, pipa yang membuat kamu lolos output dari satu cmdlet ke input cmdlet lainnya, menggunakan multiple cmdlet pada serangkaian baris perintah untuk memanipulasi data. Tidak seperti Unix yang hanya bisa menggunakan pipa untuk karakter atau text, PowerShell dapat menggunakan pipa untuk objek juga. PowerShell bukan hanya sebuah shell, ia juga bisa berguna untuk menulis script agar lebih mudah saat mengelola sistem Windows ketimbang menggunakan Command Prompt.
Sedangkan Command Prompt pada dasarnya hanyalah sebuah salinan berbagai perintah DOS, kamu dapat mengoperasikan semua perintah DOS didalamnya. Singkatnya Command Prompt sangat terbatas, apalagi untuk mengakses sistem administratsi Windows, ditambah lagi kemampuan perintahnya yang tidak kompleks dan sebagainya.

Kapan PowerShell Digunakan?
Jika kamu pengguna Windows yang biasa-biasa saja dan menggunakan Command Prompt untuk melakukan ping, kamu tidak perlu menggunakan PowerShell. PowerShell dapat kamu gunakan untuk melakukan tugas-tugas yang lebih dari itu. Misalkan saja untuk mengubah nama banyak file sekaligus yang sudah pernah WinPoin bahas sebelumnya.


Contoh Perintah PowerShell dan Command Prompt
Banyak perintah Command Prompt yang bisa berjalan di PowerShell, dari ipconfig sampai cd. Ini karena PowerShell menggunakan “alias” yang menunjukkan perintah-perintah lama di cmdlet yang baru. Berikut contoh perintah di PowerShell dan Command Prompt:
Mengubah folder atau direktori

DOS: cd
PowerShell: Set-Location
Memunculkan daftar file di dalam folder

DOS: dir
PowerShell: Get-ChildItem
Mengganti nama file

DOS: rename
PowerShell: Rename-Item
Untuk dapat melihat DOS mendapatkan alias di PowerShell, kamu bisa menggunakan Get-Alias. Misalkan saja kamu menuliskan Get-Alias cd, maka PowerShell akan menunjukkan bahwa cd bisa dijalankan dengan cmdlet Set-Location.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Perbedaan PowerShell dan Command Prompt di Windows??"

Post a Comment