Cara Kerja dan Proses Kerja Torrent - Find4Something

Cara Kerja dan Proses Kerja Torrent

Selamat pagi sobat find4something. sekarang saya akan share tentang Cara Kerja dan Proses Kerja Torrent
Berikut beberapa pengertian tentang Torrent;
Torrent adalah sebuah media alternatif yang digunakan untuk mengupload dan mendownload file berukuran besar melalui internet. File yang didownload dengan torrent konon dapat diunduh dengan lebih cepat karena dibagi ke dalam beberapa partisi kecil dan memiliki sistem “Seed” dan “Peers”. Yang anda perlukan untuk mendownload torrent adalah sebuah “Client Torrent” seperti Utorrent atau Bittorrent, lalu mendownload file torrent dari website tertentu.

Torrent adalah protokol komunikasi sharing (berbagi) file/data secara peer-to-peer(P2P).

Torrent adalah suatu metode mendistribusikan data dalam jumlah yang besar secara luas tanpa harus menanggung semua beban resource/kinerja hardware, hosting dan bandwith pada distributor asli data/file tersebut. Ketika data didistribusikan menggunakan protokol Torrent, setiap pengguna yang mendownload file tersebut juga ikut mendistribusikan sebagian kecil data kepada pengguna baru yang mendownload file/data tersebut, hal ini mengurangi biaya dan kinerja dari sang distributor asli. Hal ini juga mengurangi ketergantungan terhadap distributor file/data yang asli.

Torrent adalah file yang kecil, yang berukuran hanya sekitar beberapa kilobyte saja dengan ekstensi .torrent. File ini berisi informasi yang dibutuhkan untuk mendownload file tertentu. Informasi yang terkandung dalam file torrent meliputi nama file, ukurannya, tempat downloadnya dsb.

Filosofi dasar Torrent adalah “user harus juga meng-upload data ketika mereka mendownload”. Dengan demikian, kita dalam saat yang sama bertindak sebagai server data. Kecepatan download sangat tergantung dengan jumlah Seed (SE) dan Peerr/Leech (PE).

Cara kerja Torrent;
Cara kerja torrent ialah dengan mendapatkan atau mendownload file berekstensi *.torrent terlebih dulu. File tersebut berisikan informasi tentang ukuran file asli dan seberapa banyak pecahan akan terbentuk. Pecahan yang dimaksudkan disini ialah pembagian download file, karena sistemnya tidak terpusat jadi torrent akan membagi file dalam potongan kecil-kecil sebelum mendownloadnya. Tentu hal ini akan membuat download semakin cepat. Kemudian setelah file *.torrent terdownload, langkah selanjutnya adalah mendownload file aslinya. Program BitTorrent atau semacamnya (misal µTorrent) akan mendownloadkan file tersebut kepada Anda.

Atau dapat kita analogikan seperti berikut;
a) A punya file yang mau dishare (istilahnya: me-seed), jadi dia memberitahu detilnya ke server induk (tracker).
b) B memeriksa di forum/blog, ada file baru dari A, dia pun mendownload file .torrent dari forum/blog itu.
c) Berbekal file tersebut, torrent client di komputer B menghubungi tracker,
tracker merespon dengan jawaban, ada 1 seed (yaitu A) beserta IP Addressnya si A.
d) B mulai mendownload dari A.
e) Selesai mendownload suatu part, B akan mulai me-seed part itu, jadi beban A berkurang.
f) Demikian seterusnya, sehingga makin banyak seed makin cepat selesai download.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja dan Proses Kerja Torrent"

Post a Comment