Cara Menambahkan Repository PPA di Linux Mint

Selamat pagi sobat find4something. Pada pagi yang cerah ini, tapi kayaknya sebentar lagi akan hujan -_-
Tapi tak apalah, mendingan hujan. Biar bisa tidur pulas :v
Pada pagi ini, saya akan share tentang Cara Menambahkan Repository PPA di Linux Min.
Apa itu repository PPA, sedikit tentang hal ini dapat anda baca pada tulisan sebelumnya berjudul Ubuntu 11.04 XFCE Unity dan Repository PPA. Kali ini yang akan dibahas adalah cara menambahkan repository PPA ke dalam Linux Mint yang notabene adalah turunan Ubuntu (kalau menambahkan repository PPA di Ubuntu mungkin sudah banyak yang membahas).

Secara umum untuk menambahkan repository PPA ke dalam Linux Mint kurang lebih mirip dengan ketika di Ubuntu. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah nama rilis distro yang berbeda. Repository PPA diperuntukkan untuk Ubuntu sehingga polanya mengikuti nama rilis distro Ubuntu seperti Lucid (Linux Mint Isadora), Maverick (Linux Mint Julia), Natty (Linux Mint Katya) dll sbg. Untuk dapat menambahkan repository PPA ke Linux Mint kita harus "menyesuaikan dan menyelaraskan" nama rilis Linux Mint dengan nama rilis distro Ubuntu.

Secara umum, penambahan repository PPA di Ubuntu dilakukan dengan perintah di Terminal
sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/NAMA_PAKET_APLIKASI
sudo apt-get update
sudo apt-get install NAMA_APLIKASI


atau

sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/PPA
sudo apt-get update
sudo apt-get install NAMA_APLIKASI


Sebagai contoh untuk menambah firefox 4:
sudo add-apt-repository ppa:mozillateam/firefox-stable
sudo apt-get update
sudo apt-get install firefox


Atau bisa juga anda lewati langkah ke-2 dan ke-3 kemudian "melanjutkan dengan menggunakan Synaptic" sehingga anda hanya perlu mengetikkan di Terminal sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/PPA atau sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/NAMA_PAKET_APLIKASI kemudian silahkan lanjutkan dengan membuka Synaptic dan klik Reload. Pilih tab Status dan akan muncul New in repositories.

Kalau anda akan menambahkan lebih dari 1 repository PPA maka saran saya jangan melakukan UPDATE atau RELOAD terlebih dahulu. Silahkan tambahkan sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/PPA atau sudo add-apt-repository ppa:NAMA_PEMBUAT/NAMA_PAKET_APLIKASI dulu baru kemudian setelah semua ditambahkan silahkan melakukan sudo apt-get update atau RELOAD via Synaptic.

Comments