Cara Mencegah/Blokir Virus USB FlashDisk - Find4Something

Cara Mencegah/Blokir Virus USB FlashDisk

Modus operansi virus yang menyebar lewat USB Flash Disk pada umumnya memanfaatkan fitur Autorun yang tersedia di Windows. Fitur Autorun ini memudahkan pengguna karena setiap removable media seperti USB Flash Disk dicolokan di PC, Windows akan otomatis mengeksekusi aplikasi yang ada di dalam removable media itu.

Salah satu cara efektif untuk menangkal virus yang disebarkan lewat USB Flash Disk adalah dengan mematikan fitur Autorun itu. Hal ini dapat dilakukan langsung lewat konfigurasi pada Windows yang kita gunakan. Dalam tulisan ini saya ingin berbagi salah satu aplikasi yang dapat memudahkan pengaturan ini, yaitu NoAutorun.

Aplikasi NoAutorun ini adalah aplikasi open source. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis darihttp://sourceforge.net/projects/noautorun/. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi. Jadi dari packageyang berhasil diunduh, cukup jalankan file NoAutorun.exe.


Tampilan Awal NoAutorun
Setelah dijalankan pertama kali, aplikasi ini akan otomatis berjalan setiap kali PC dinyalakan. Setiap kali kita menyolokan USB Flash Disk ke PC kita, fitur Autorun dari Windows kita tidak akan lagi aktif. Untuk mengakses isi USB Flash Disk, kita perlu membukanya lewat Windows Explorer secara manual.

Tampilan Config NoAutorun
Aplikasi NoAutorun ini akan melengkapi aplikasi AntiVirus yang ada di PC kita. Dengan begitu, kemungkinan PC kita terkena virus lewat USB Flash Disk dapat ditekan lebih jauh lagi. Pertahanan PC kita terhadap virus yang disebarkan lewat USB Flash Disk menjadi lebih baik.

Ada satu "kelemahan" dalam aplikasi ini. Dengan NoAutorun, semua removable media tidak akan lagi berjalan secara otomatis. Hal ini mungkin menyulitkan pengguna dalam kasus-kasus tertentu. Misalnya kita memiliki aplikasi yang tersimpan di CDROM. Kita ingin setiap kali kita memasukan CDROM ini, aplikasi di dalamnya langsung berjalan. Tapi dengan adanya NoAutorun, aplikasi di dalam CDROM ini pun tidak akan berjalan secara otomatis.

Masalah ini dapat diatasi dengan mudah. Lewat tampilan Config (diakses lewat menu Config) kita dapat mengaktifkan pilihan Keep CDROM autorun. Dengan mengaktifkan pilihan ini, aplikasi di dalam CDROM akan tetap otomatis dijalankan oleh Windows sambil tetap mematikan fitur Autorun untuk USB Flash Disk.

Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mencegah/Blokir Virus USB FlashDisk"

Post a Comment