Mengaktifkan Efek Transparansi Aero Glass di Windows 8 Tanpa Bug

Selamat malam Sobat find4something. Pada malam ini, saya akan share tentang Cara Mengaktifkan Efek Transparant Aero Glass di Windows 8
Pada Windows 8, efek transparansi Aero Glass dibuang oleh Microsoft. Hal ini membuat banyak pengguna kecewa karena pengguna mengharapkan Windows dapat menjadi terlihat enak dipandang mata dengan adanya efek transparansi Aero Glass ini. Tidak ada metode untuk mengembalikan efek transparansi ini karena Microsoft menghapus kode pemrograman transparansi ini dari Windows 8. Tujuan dihapusnya efek Aero Glass ini agar kinerja sistem dapat lebih lancar dan baterai laptop lebih awet. Hal ini dapat dimaklumi karena strategi baru Microsoft dalam membuat Windows 8 dan Windows RT selain untuk pengguna desktop atau laptop, juga untuk pengguna tablet. Kemungkinan besar Microsoft tidak akan mengembalikan fitur transparansi lagi karena hal ini seperti menjilat ludah mereka sendiri.
Ada beberapa cara untuk mengaktifkan transparansi di Windows 8, sayangnya cara-cara tersebut masih memiliki beberapa bug dan tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Malahan Anda tidak dapat bekerja setelah efek transparansi itu dinyalakan karena bug pada saat jendela digeser.
Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini
Pada tutorial kali ini, saya memberikan dua metode untuk mendapatkan efek transparansi Aero Glass yang bekerja semestinya seperti di Windows 7 dan dengan sedikit bug atau kesalahan, sehingga menjadi lebih permanen dan stabil. Perlu dicatat dengan kedua metode ini Anda akan mendapatkan transparansi pada ujung jendela seperti di Windows Vista dan 7, namun untuk metode 2 tidak ada efek blur. Anda juga memerlukan program tersebut untuk tetap berjalan di latar belakang.
Metode 1: Menggunakan Aero Glass for Win8 (dapat digunakan untuk pengguna Windows 8 32-bit dan 64-bit)
1. Unduh program Aero Glass for Win8 versi 0.8 dari link berikut (masih dalam tahap beta, harap terus memantau hingga versi finalnya rilis).
Harap diperhatikan bahwa saat artikel ini ditulis program ini hanya untuk Windows 8 64-bit dan masih memiliki bug karena masih dalam tahap preview. Pengguna Windows 8 32-bit harap bersabar dalam menunggu versi finalnya.
Update: Versi 0.8 program ini telah mendukung Windows 8 32-bit dan 64-bit, silakan Anda mengunduh versi terakhir dari link yang disertakan di atas.
2. Buatlah folder baru bernama DWM di partisi dimana Windows 8 dipasang. Misalnya jika Windows 8 di-install di C: maka buatlah folder di C:\DWM.
3. Ekstak seluruh file di dalam file yang telah diunduh ke C:\DWM.
4. Buka file LoadGlass__AppInit_DLLs.reg dengan Notepad atau program teks editor lainnya.
5. Ganti nilai di sebelah string “AppInit_DLLs” dengan direktori tempat Anda mengopi file tadi. Misalnya jika Anda mengekstrak ke “C:DWM\” maka Anda menggantinya dengan “c:\DWM\DWMGlass.dll” sehingga menjadi seperti berikut: “AppInit_DLLs”=”c:\DWM\DWMGlass.dll”
6.Jalankan file LoadGlass__AppInit_DLLs.reg. Klik Yes jika ada konfirmasi dari Windows.
7. Restart Windows Anda. Ketika masuk efek Aero akan diaktifkan.
Perhatian: Setiap versi dari program ini memiliki cara instalasi yang berbeda-beda. Pastikan Anda membaca instruksi yang disertakan dalam file readme.txt dan instruksi yang disediakan di link forum tempat mengunduh program tersebut (biasanya di posting pertama).
Aero Glass for Win 8
 Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini
Metode 2: Menggunakan Aero8Tuner dan Blend (untuk pengguna Windows 8 32-bit dan 64-bit)
1. Unduh program Aero8Tuner dari link berikut.
2. Jalankan file Aero8Tuner.exe dan aktifkan opsi “Force High Contrast Mode (you will get the unusable transparency)“. Klik tombol Save dan Exit.
Sekarang Anda mendapatkan efek transparansi yang tidak stabil dan penuh dengan bug. Untuk mengakalinya gunakan program bLend untuk mendapatkan efek transparansi yang stabil.
3. Unduh bLend dari link berikut dan jalankan programnya. Pilih opsi “Set all windows to be transparent“. Pindahkan slider level transparansi ke paling ujung, misalnya 254. Klik centang pada “Start at system booting” dan klik tombol “Apply/Resume“. Minimalkan jendela bLend agar tidak mengganggu pekerjaan Anda.
Transparent_Windows_8
Alternatif untuk metode 2, Anda juga dapat mencoba program bernama WinaeroGlass yang dapat mempersingkat langkah-langkah di metode 2. Unduh dari link berikut, jalankan programnya, dan efek transparansi langsung aktif. Kekurangannya, saat ini WinaeroGlass tidak memiliki GUI, sehingga jika Anda ingin menonaktifkan efek transparansi Anda perlu log out dari Windows 8 atau mengakhiri proses WinaeroGlass dan Desktop Windows Manager (DWM) melalui Task Manager.
Artikel ini ditulis oleh Danny (JasaIT). Dilarang keras menyalin keseluruhan atau bagian dari artikel ini tanpa mencantumkan link asli artikel ini
Kedua metode di atas dapat mengaktifkan efek transparansi Aero Glass. Metode 1 lebih bagus daripada metode 2, karena tidak hanya mengaktifkan efek transparansi namun juga efek blur. Saya sendiri cukup puas dengan menggunakan metode 1 atau Aero Glass for Win 8, sekarang desktop Windows 8 hampir mirip dengan Windows 7, serta memori dan CPU cycle yang diperlukan program ini pun hampir tidak terasa karena sangat kecil. Selain itu, ada satu kekurangan dalam metode 2 yaitu jika Anda memiliki beberapa jendela maka judul jendela akan kelihatan seperti ditumpuk dan tidak dapat dibaca dengan jelas. Oleh karena itu, saya menyarankan bagi penguna Windows 8 32-bit dan 64-bit untuk menggunakan metode 1 saja yaitu Aero Glass for Win8.

Aero8Tuner dan Blend

Akhir kata, silakan Anda terus memantau link unduh program-program di atas dan mengunduh update-nya jika sudah keluar karena versi yang lebih baru biasanya memiliki fungsi yang lebih banyak dan lebih sedikit bug.

Sumber:
http://www.msfn.org/board/topic/161788-aero-glass-for-win8-v08-aka-beta-2/page__view__findpost__p__1027739

Comments