Pengertian Filsafat Ilmu Dari Segala Ilmu Pengetahuan

Find4Something - Pengertian filsafat dapat dilihat dari segi bahasa dan beberapa pendapat dari filosof. Filsafat berasal dari bahasa Yunani philosophis yang berarti cinta dan sophia yang berarti kearifan, dari kata tersebut lahirlah kata inggris philosophy yang diterjemahkan menjadi ‘cinta kearifan’.
Menurut konsep-konsep filosof yang ada terdapat beberapa pengertian tentang filsafat. Konsep-konsep tersebut dikemukakan oleh Plato, al-Farabi, Rene Descrates, Francis Bacon dll. Plato sendiri memberikan istilah dialektika yang berarti seni berdiskusi. Dikatakan demikian karena, filsafat harus berlangsung sebagai upaya memberikan kritik terhadap berbagai pendapat yang berlaku.
Pengertian Filsafat Ilmu Dari Segala Ilmu Pengetahuan
Al-Farabi menyebutkan bahwa filsafat adalah ilmu yang menyelidiki hakikat yang sebenarnya dari segala yang ada. Sedangkan Rene Descrates berpendapat bahwa filsafat merupakan kumpulan segala pengetahuan, dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya. Sedangkan Francis Bacon menyebut bahwa filsafat merupakan induk agung dari ilmu-ilmu dan filsafat menangani semua pengetahuan sebagai bidangnya.
Dan Jadi dapat disimpulkan bahwa, Pengertian filsafat dapat dikatakan bahwa filsafat merupakan ilmu dari segala ilmu pengetahuan. Filsafat merupakan benih dari munculnya ilmu-ilmu lain di dunia sehingga muncullah berbagai disiplin ilmu yang kini dipelajari secara khusus. Filsafat lahir dari adanya rasa ingin tahu manusia tentang segala hal di sekitarnya, rasa ingin tahu tersebutlah yang mendorong munculnya pertanyaan-pertanyaan awal filosofis tentang pengertian sesuatu yang diamati. Lambat laun mulai dirumuskan beberapa teori sehingga terkumpul banyak teori yang akhirnya terkomulasi menjadi disiplin ilmu tertentu sesuai dengan ilmunya.

Comments