Pengertian Intranet Dan Keistimewaannya

Find4something - Pengertian Intranet kadang ambigu dengan pengertian internet. Namun kita harus tahu perbedaan pengertian antara intranet dan internet ini. Setelah mempelajari pengertian internet di artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas pengertian intranet dan keistimewaan apa yang dimiliki intranet. Jika pengerian internet adalah kumpulan jaringan informasi dari kumpulan banyak komputer dengan batasan yang hampir tanpa batas, maka intranet merupakan internet dalam skala kecil atau hanya dikhususkan untuk kalangan atau kelompok tertentu yang hanya dapat diakses oleh anggota kelompok tersebut.
Terdapat pengertian intranet dari suatu sumber yang mengatakan bahwa pengertian intranet adalah
“Intranet merupakan jaringan system informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut.”
pengertian intranet dan keistimewaannya
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa intranet tersedia bagi suatu perusahaan/organisasi atau komunitas dimana anggota-anggota kelompok tersebut dapat mengakses data dan informasi yang terdapat dalam line intranet. Intranet hanya dapat diakses oleh anggota kelompok tersebut karena dibutuhkan identifikasi dan password yang telah ditentukan.
Keistimewaan intranet adalah intranet dapat disambungkan ke jaringan internet sehingga memungkinkan anggota dari jaringan intranet dapat mengakses internet tapi tidak sebaliknya. Inilah keistimewaan jaringan intranet yang berskala lebih kecil daripada internet, intranet bisa mengakses apapun yang ada di internet tapi pengguna-pengguna internet di luar suatu jaringan intranet tertentu yang terhubung dengan internet tidak bisa mengakses data dan informasi yang ada di line intranet.

Comments