SeJarah Internet Indonesia Yang Harus Anda Ketahui

Find4Something - Sejarah internet Indonesia bisa diamati dari tahun 90-an dimana untuk pertama kalinya Indonesia mengenal istilah network. Pada tahun 1988 Indonesia memanfaatkan CIX dari Inggris dan Compuserve dari Amerika untuk bisa mengakses internet. Dalam perkembangannya sejarah internet Indonesia membuktikan bahwa Indonesia berusaha untuk semakin memperluas penggunaan internet.
Internet Protocol atau IP pertama Indonesia adalah 192.41.206/24 yang mana didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada tanggal 24 Juni 1988. Banyak nama dibelakang perintisan internet Indonesia seperti RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo yang turut membangun perkembangan internet dari tahun 1992 hingga 1994.
Sejarah Internet Indonesia

Tidak banyak dari kita yang tahu sejarah internet Indonesia seperti apa. Sebagian besar dari kita hanyalah pengguna awam yang memanfaatkan koneksi jaringan internet dimanapun untuk kepentingan kita sendiri. Namun kita perlu mengetahui seperti apa sejarah internet indonesia sebelumnya sehingga penggunaan internet kita dapat diatur semakin bijak—lihat fakta hari ini bahwa penggunaan internet di Indonesia terus meningkat namun tidak dibarengi dengan pemahaman yang tepat tentang seperti apa awal mula internet di Indonesia dan bagaimana penggunaan yang bijak. Apabila kita mau mencari lebih banyak sumber tulisan tentang sejarah internet Indonesia, anda mempunya akses internet yang luas untuk mengetahuinya.
Mari kita kembali ke sejarah internet Indonesia. Setelah mengetahui IP pertama Indonesia, kita akan menelusuri ISP pertama di Indonesia yang didirikan. ISP atau Internet Service Provider Indonesia yang pertama lahir dari IndoNet yang merupakan ISP komersial pertama di Indonesia. Baru pada tahun 1955 Departement Pos Telekomunikasi memberikan izin ISP kepada IndoNet sehingga dibukalah akses ke luar negeri dan kita bisa mengakses HTTP.

Perkembangan sejarah internet Indonesia pun semakin hari semakin pesat dengan bertambahnya kesempatan dan alat untuk mengakses internet. Dulu kita membutuhkan sambungan telepon untuk mengakses internet dan berkirim e-mail, tapi sekarang benda mungil berbentuk persegi yang sering disebut smartphone telah bertebaran di seluruh nusantara sehingga kita bisa mengakses internet dengan mudah, murah, cepat dan menyenangkan. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari bagaimana sejarah internet indonesia, oleh karena itu kita sebagai pengguna yang bijak hendaknya harus tahu seperti apa perkembangan dan sejarah internet di Indonesia. (dsn)
    sejarah internet, internet, artikel tentang jajanan tradisional indonesia, makalah aneka masakan indonesia, perkembangan internet menurut sejarah di indonesia, perkembangan islam di indonesia 2013, kemajuan indonesia, pengertian internet menurut 2013, sejarah internet di indonesia, resep spaghetti mudah

Comments