Cara Membuat Dedicated server/vps/hosting dengan Speedy

Cara Membuat Dedicated server/vps/hosting dengan Speedy | Find4something - Mungkin sudah ada beberapa yang tau bagaimana caranya Membuat Dedicated server/vps/hosting dengan Speedy.

ya hanya dengan berbekal PC dan koneksi internet unlimited sebenarnya kita sudah bisa membuat sebuah web hosting yang kita kelola 100%.

Persyaratan minimumnya adalah :
  • PC dengan OS windows/unix family.
  • Koneksi internet unlimited.
  • Listrik yang stabil 24×7.
  • Sedikit pengetahuan.

Kalau kita lihat di website yang melayani dunia hosting ada beberapa type web hosting yang harganya di mulai dari yang terendah (shared hosting) sampai yang tertinggi (dedicated server). Sebenarnya bedanya dimana sih? bedanya adalah pada konsumsi memory dan kebebasan anda menggunakan CPU resource,
seperti kita ketahui banyak web hosting yang menawarkan harga murah dengan spesifikasi ecek² dengan batasan tertentu

Nah……

kalau kita memenuhi minimal 4 syarat di atas kenapa nggak buat dedicated server sendiri tanpa perlu merogoh kocek lagi untuk extra hosting dan tanpa perlu khawatir akan bermasalah di kemudian hari dengan provider hosting.

Yuk kita mulai….

pertama kita membutuhkan program yang akan menjadikan PC kita sebagai web server, banyak sekali ragamnya namun yang umum dan saya anjurkan adalah menggunakan XAMPP. Program ini berjalan di OS windows dan linux family, konfigurasinya pun terbilang sangat mudah. setelah install jalankan server dan selesai.

Sekarang tugas kita adalah membuat port forwarding agar PC kita dapat terlihat di port² tertentu dari seluruh dunia.

Umumnya port 80 adalah standard untuk web hosting lalu port 21/22 untuk ftp/ssh selain itu kita bisa pilih sendiri port berapa yang mau kita buka.

Untuk kali ini kita coba dengan speedy saja yah, saya yakin tidak akan berbeda terlalu jauh dengan yang lainnya

. kali ini akan saya berikan contoh dengan modem AT-AR236e gratisan dari speedy.







Yup port 80 kita buka dan beberapa port lain tergantung kebutuhan.

Setelah ini sebenarnya PC kita sudah terlihat dari manapun setiap orang mengetik http://ip.kita.di.sini akan muncul tampilan dari xammp ataupun yang sudah kita edit.

Selesai sudah kita sudah merubah PC di rumah menjadi dedicated server yang notabene harganya sampai jutaan per bulan. Sekarang yang perlu kita pelajari adalah mengarahkan nama domain menuju ke IP publik kita.

Untuk kalian ketahui beberapa domain registrar tidak memberikan fitur managed DNS secara cuma² alias kalian akan di kenakan PAJAK/FEEs untuk menggunakan service DNS mereka.

Selama ini yang saya tahu hanya name.com yang memberikan fitur DNS gratis atau bila kalian benar-benar kepepet alias miskin alias nggak mau keluar duit 1 rupiahpun bisa menggunakan free DNS seperty dyndns.com tentunya performa mereka tidak akan 100% karena namanya juga gratisan.

OK, saya akan memberikan contoh melalui DNS manager dari name.com.

Oh ya lupa, ...

setiap perusahaan yang memberikan service DNS ini berbeda satu sama lainnya jadi ada baiknya anda baca terlebih dahulu ke arah mana pointing nameserver domain anda.

Setelah anda pointing domain anda ke registrar anda buatlah DNS record A (alias)


contoh mudahnya kalian bisa lihat di gambar ini:








Selesai sudah, sangat mudah kan? Kita bisa menjual kembali ke orang lain tentunya dengan manajemen yang lebih baik seperti menggunakan UPS/Generator dan backup data dan komputer, mesin juga punya batasan penggunanaan maka itu saya sarankan 2 pc bergantian nyala setiap 12 jam akan lebih baik.

Comments