Pengertian dan Cara Kerja Fiber Optic - Find4Something

Pengertian dan Cara Kerja Fiber Optic

Pengertian Fiber Optik yaitu suatu Tehnologi kabel yang memakai benang (serat) kaca atau plastik) kirim data. Kabel Fiber optic terbagi dalam seikat benang kaca, yang semasing dapat mentransmisi pesan modulasi ke gelombang sinar. serat kaca umumnya mempunyai diameter seputar 120 mikrometer dengan yang dipakai untuk mentransmisikan tanda sinar dari satu tempat ke tempat lain sampai jarak 50km tanpa ada memakai repeater. Sinyal-sinyal gelombang bisa berbentuk pengkodean komunikasi nada atau data computer. 

Pengertian dan Cara Kerja Fiber Optic


Komunikasi Fiber optic bergantung pada prinsip sinar pada medium kaca bisa Bisa membawa info semakin banyak serta jarak yang jauh di banding tanda listrik yang dibawa oleh media tembaga atau koaksial. Kemurnian serat kaca dipadukan dengan system elektronik yang maju sangat mungkin serat terutama kirim tanda sinar digital melampaui jarak 100 km tanpa ada alat penguat. Fiber optik adalah media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, masalah rendah serta potensi bandwidth yang tinggi. 

Prinsip Kerja Fiber Optik 


Susunan Fiber optic terbagi dalam sebagian susunan yakni Cladding, Core, serta Buffer Coating. Core atau inti adalah serat kaca yang tidak tebal jadi media sinar jalan, hingga pengiriman sinar bisa dikerjakan. Cladding adalah susunan luar yang membuat perlindungan Inti serta memantulkan kembali sinar yang terpancar keluar kembali kedalam inti. Sedang Buffer Coating yaitu selubung plastik yang mempunyai tujuan membuat perlindungan serat dari rusaknya yang disebabkan dari lengkungan kabel serta masalah luar umpamanya kelembapan. 

Prinsip kerja Fiber optik bergantung pada prinsip jumlah refleksi internal. Refleksi sinar atau dibiaskan berdasar pada pojok yang menyerang permukaan. Prinsip ini berpusat pada langkah kerja serat optik Membatasi pojok dimana gelombang sinar di kirim sangat mungkin untuk mengontrol dengan cara efektif hingga ketujian. Gelombang sinar ditutupi dengan inti dari fiber optik, dalam soal yang sama kalau frekwensi tanda radio ditutupi dengan coaxial cable. Gelombang sinar diarahkan ke ujung serat dengan direfleksikan didalam inti. Kabel Fiber optik umumnya diterapkan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi umpamanya pada jaringan telephone serta jaringan computer. 

kabel fiber optickabel fiber optic 
kabel fiber optic single serta multi mode 
Beberapa Type Kabel Fiber Optik 

Ada dua type Kabel Fiber Optic : 

Pengertian dan Cara Kerja Fiber Optic


single-mode 
multimode. 

Kabel Fiber optik multimode yaitu type yang dipakai untuk maksud komersial. inti semakin besar dari serat single-mode sangat mungkin beberapa ratus modus sinar menyebar lewat serat dengan cara berbarengan. Diluar itu diameter multimode mempunyai serat inti semakin besar (diameter 0. 0025 inch atau 62. 5 micron) serta berperan kirim cahaya laser inframerah (panjang gelombang 850-1300 nm) 

Kabel Fiber optik Single model mempunyai inti yang lebih kecil (berdiameter 0. 00035 inch atau 9 micron) serta berperan kirim cahaya laser inframerah (panjang gelombang 1300-1550 nm) yang sangat mungkin cuma satu model menebarkan sinar lewat inti disuatu saat. serat Single model diperkembang untuk menjaga integritas data spasial serta spektrum dari semasing tanda optik jarak yang lebih jauh, mengizinkan info bakal di sampaikan selanjutnya. Baca Kabel Jaringan Computer. 

Ukuran Serat Optik 


Standard yang umum dipakai untuk cladding atau selubung luar kabel fiber optik single model yaitu 125 mikron untuk kaca, serta 245 mikron untuk susunan. Standard ini begitu utama kuntuk sediakan jaminan Kompabilitas konektor, splices serta alat-alat yang dipakai di semua industri. 

Standard serat single-mode diperkembang dengan inti yang kecil dengan kuran diameter seputar 8-10 mikron. Fiber optik MultiMode memakai ukuran diameter inti dari 50 hingga 62, 5 mikron 

Keunggulan Serta Kekurangan Fiber Optik 


Terdapat banyak keunggulan Fiber optik diantaranya : 

Kemampuan (bandwidth) yang besar dalam mentransmisi informasi yang ada mempunyai kecepatan yang tinggi, sampai capai lebih dari satu gigabit/detik. 
Sinyal degradasi lebih kecil, tak dipengaruhi pada gelombang elektromagnetik serta frekwensi radio Lantaran terbuat dari kaca serta plastik murni. 
Ukurannya kecil, enteng, Lebih tidak tebal serta Fleksibel. : memiliki diameter yang lebih kecil dari pada kabel tembaga hingga mempermudah supply serta pemasangan. 
Murah bila membandingkannya dengan adanya banyak daya transmisi dari kabel tembaga Kemampuan lebih besar 
Serat optik aman, Tak gampang terbakar : tak mengalirkan listrik. 
Kekurangan Fiber Optik 

Dari demikian banya keunggulan yang di tawarkan pemakaian kabel fiber optic juga mempunyai kekurangan diantaranya harga yang relatif mahal dalam soal penyambungan, lantaran membutuhkan alat spesial serta membutuhkan ketrampilan serta kecermatan dalam penyambungan kabel fiber optik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Cara Kerja Fiber Optic"

Post a Comment