SEO dan Manfaatnya Bagi Blog


Tulisan ini seharusnya saya buat ketika pertama kali mengenal internet dan blog. Tapi berhubung sudah lewat yah nggak apa-apalah paling tidak buat sharing sama temen-temen. Lagipula juga kemarin ada seorang sahabat blogger yang menanyakan tentang SEO dan seluk beluk SEO. Sebenarnya saya juga nggak begitu paham sih tentang SEO, yang saya tulis ini hanya berdasarkan pengalaman dan info yang sudah ada di internet. Dulu saya tidak mengerti sama sekali apa itu SEO. Saya membuat blog sedemikian rupa dan tidak pernah berpikir blog ini harus diapakan yang penting menulis dan menulis. Lama-kelamaan saya berpikir bagaimana orang bisa tahu keberadaan blog saya di internet. Pertanyaan tersebut akhirnya terjawab juga.

Apa sih yang dimaksud SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Melalui SEO kita dapat meningkatkan ranking situs blog di Search Engine atau Mesin Pencari. Sebagai tambahan, mesin pencari adalah suatu mesin untuk melacak keberadaan situs blog dengan kata kunci (keyword) tertentu. Misalnya anda mengetikkan keyword Maskolis di mesin pencari www.google.com, maka hasilnya bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

SEO maskolis

Dari gambar diatas anda bisa lihat blog ini berada pada halaman 1 urutan 1 dengan kata kunci Maskolis. Koq bisa ya? Padahal banyak situs-situs yang menggunakan keyword Maskolis untuk situsnya namun blog saya yang ditampilkan. Ah, tidak juga. Sebenarnya saya sengaja mengambil keyword tersebut karena persaingan kata kuncinya sedikit koq dan bisa dicek melalui tools-nya google. Jadi memang dari awal saya sudah analisa beberapa keyword untuk blog yang akan saya buat. Namun, jujur saja saya memang benar-benar memaksimalkan dan mengoptimalkan kata kunci Maskolis di search engine.

Bagaimana Orang Tahu Keberadaan situs Blog

Ada banyak cara orang tahu keberadaan situs blog di internet. Saya cenderung mengambil dua poin paling penting dan sangat berpengaruh. Pertama melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN serta beberapa search engine lain. Cara kedua dengan adanya petunjuk atau referensi yang didapat dari situs lain berupa link dikenal dengan istilah backlink yang mengarah ke situs atau blog kita. Lalu saya berpikir kembali, bagaimana agar blog ini bisa tampil maksimal di search engine? Dan jawabannya adalah SEO (Search Engine Optimization).

Perlunya Belajar SEO

Masalah sekarang adalah bagaimana agar situs blog anda bisa tampil pada halaman pertama atau paling tidak masuk halaman lima besar hasil search engine google atau yahoo dengan keyword tertentu.Pertanyaan di atas bisa di jawab dengan dengan perlunya belajar SEO. Namun apakah semua pemilik blog dan situs di internet harus belajar SEO? Menurut saya, SEO lebih penting bagi situs blog yang ditujukan sebagai bisnis atau blog monetize. Dengan kata lain, SEO perlu dipelajari oleh pemilik situs blog yang memang khusus di komersialisasi. Tentang blog monetize dapat anda baca pada artikel haruskah blog menghasilkan uang. Kalau situs blog tersebut menjual suatu produk dagangan, tentunya belajar SEO sangatlah penting. Blogger yang membuat blog hanya sebagai hobi dan untuk kesenangan menulis saja, maka SEO tidaklah terlalu penting. Saya rasa cukup sekedar belajar SEO saja tidak apa-apa. Namun blogger yang memiliki blog untuk bisnis perlu belajar SEO lebih mendalam lagi.

Itu tadi penjelasan singkat tentang SEO dan manfaatnya bagi blog, untuk teman-teman yang ingin belajar SEO serta tips dan trik SEO agar blog bisa muncul di search engine dan tidak hanya sekedar tampil namun menang di halaman pertama search engine, anda dapat terus mengikuti artikel blog Maskolis. Atau dengan berlangganan artikel dari Maskolis melalui email anda pada formulir berlangganan artikel via email. Oya... ada yang lupa sebelumnya saya pernah mengulas tips dasar-dasar SEO, oke selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments