Tips dan Trick Windows 8

Tips dan Trick Windows 8 - Find4something.blogspot.com - 5 Cara Trik dan Tips Mempercepat Mengoptimalkan Windows 8, Cara Mempercepat Windows 8 - Windows 8 lebih indah dan lebih cepat dibandingkan dengan Windows XP dan Windows 7, terutama pada booting. Jika Anda mengganti harddisk ke SSD (Solid State Drive), Windows 8 malah lebih cepat. Tapi kami selalu mencari-cari cara untuk mengoptimalkan sistem Windows 8 untuk membuatnya lebih cepat lagi.

Kami telah menggunakan Windows 8 selama beberapa bulan belakangan ini dan mencoba melakukan tweak kecil agar Windows 8 bisa berlari secepat cheetah. Pada artikel ini, kami hanya akan menyebutkan hal-hal yang dapat Anda lakukan di Windows 8. Anda bisa saja menambahkan memori RAM, menggunakan SSD atau meng-upgrade hardware lainnya, tetapi postingan ini hanya fokus pada softwarenya saja, yaitu Windows 8.

Tips # 1 – Mengaktifkan Fast Startup

Fast Startup adalah fitur barunya Windows 8 yang membantu booting komputer menjadi lebih cepat daripada shutdown. Ada banyak aspek teknis di balik fitur ini yang tidak akan benar-benar dijelaskan secara rinci di sini, tetapi pada dasarnya Windows 8 tidak memuat semuanya dari awal saat booting sehingga membuat waktu bootingnya menjadi lebih pendek.

Jika Anda belum mengaktifkan Fast Startup, disarankan diaktifkan dan rasakan bedanya.


mengaktifkan Fast Startup

Tip # 2 – Mengoptimalkan Harddisk

Tetap optimalkan harddisk Anda menggunakan fitur Optimize Drives di Windows 8. Fitur ini pada dasarnya sebagai pengganti dari Disk Defragmenter. Pastikan optimasi tiap minggunya diaktifkan untuk semua harddisk Anda.

Mengoptimalkan Harddisk windows 8

Tip # 3 – Adjust for Best Performance

Kami selalu menemukan animasi, bayangan dan efek visual kecil lainnya yang kurang berguna di Windows 8. Seperti pada versi Windows sebelumnya, Anda dapat menonaktifkannya dengan klik kanan pada Computer, pilih Properties dan klik pada Advanced System Settings.

Adjust for Best Performance windows 8 step 1

Pada dialog System Properties, klik pada tab Advanced dan klik pada Settings di bawah Performance.

 Adjust for Best Performance windows 8 step 2

Terakhir, klik pada Adjust for best performance, yang akan menonaktifkan semua animasi dan efek.

Adjust for Best Performance windows 8 step 3

Tips # 4 – Startup Item

Seperti pada semua versi Windows, Anda perlu menonaktifkan semua item startup yang kurang berguna dan hal ini bisa juga dilakukan di Windows 8. Jika pada versi Windows sebelumnya Anda perlu membuka item startup dengan MSCONFIG tapi pada Windwos 8 ini Anda bisa menemukannya di Task Manager. Buka Task Manager dan nonaktifkan apapun yang tidak ingin dimuat pada saat masuk ke Windows 8.

Startup Item windows 8

Kerennya di Windows 8 adalah Windows 8 juga memberikan Anda Startup impact score sehingga Anda dapat dengan cepat melihat item startup mana yang memperlambat sistem. Jika Anda dapat menonaktifkannya, lakukanlah.

Tip # 5 – Menutup Aplikasi yang Terbuka

Terakhir dan yang paling penting adalah Anda perlu mengawasi jumlah aplikasi Metro yang sedang berjalan. Tidak seperti aplikasi desktop, tidak ada cara cepat untuk melihat berapa banyak aplikasi yang Anda buka. Anda harus memindahkan mouse ke sisi kiri layar untuk melihat aplikasi Metro yang berjalan dan secara manual klik kanan pada masing-masing aplikasi Metro tersebut lalu pilih Close.

Menutup Aplikasi yang Terbuka pada windows 8

Namun, ada cara yang lebih mudah untuk melakukan hal itu.  Jika Anda pergi ke PC Settings (buka bar Charms, klik Settings dan klik pada Change PC Settings) dan klik General, Anda akan melihat pilihan di bawah App Switching, yaitu Delete History.

Comments