Cara Mengubah Layout Keyboard

Selamat pagi sobat find4something. Pada pagi ini saya akan share tentang Cara Mengubah Layout Keyboard.
Pada artikel kali ini saya akan memberikan sedikit trik ataupun tutorial untuk mengubah layout keyboard kita supaya dapat dipakai untuk mengetik huruf-huruf  Turki yang cukup unik yang tidak ada di keyboard kita. Oh iya disini saya sengaja pakai tutorial di Windows 7 karena menurut saya sekarang rata-rata orang  Indonesia sudah pakai Windows 7 semua (walaupun sebenarnya saya malah pakai Ubuntu di komputer saya ). Bagi yang memakai Windows XP saya rasa cara ini bisa dipakai untuk referensi karena caranya setahu saya tidaklah terlalu berbeda . Baiklah mari langsung saja saya awali tutorial kali ini, semoga dapat membantu teman-teman semua yang belum mengerti, bagi yang sudah mengerti mohon koreksinya jika mungkin ada kesalahan
1. Buka Control Panel Change keyboards or other input methods
 

2. Pilih Tab Keyboards and Languages → lalu pilih Change keyborads

3. Pada Tab General terlihat ada dua jenis layout keyboards yang telah terinstall secara otomatis di komputer kita (pada beberapa komputer mungkin berbeda defaultnya). Untuk menambah layout baru klik Tombol Add yang ada disebelah kanan.

4. Kemudian cari layout Turkish → klik tombol + → lalu pilih Turkish Q → klik OK

5. Setelah kita klik OK maka tampilan kotak dialog akan menjadi seperti dibawah ini. Yang tadinya cuma ada dua jenis layout keyboard sekarang telah menjadi tiga dengan tambahan layout keyboards Turki

6. Masih pada kotak dialog yang sama dengan yang diatas, kemudian klik Tab Advanced Key Setting. Pilihan ini berfungsi untuk mempermudah dalam pemakaian keyboard nantinya, karena pergantian antar keyboard dapat dilakukan dengan cepat hanya dengan sekali pencet tombol shortcut saja. Pertama kali dibuka, kotak dialognya akan terlihat seperti dibawah ini. Klik Pada To Turkish (Turkey)Turkish Q → kemudian klik Change Key Sequence

7. Setelah kita klik akan muncul kotak diallog seperti dibawah ini. Beri centang pada Enable Key Sequence, Kemudian pilih tombol Shortcut yang dikehendaki, pada komputer saya ini saya memakai shortcut Ctrl + Shift + 2. Jika sudah tekan tombol OK

8. Lakukan langkah nomor 6 dan 7 untuk memberi shortcut pada keyboard yang lain, disini pada komputer saya, saya memakai shortcut Ctrl + Shift + 1 untuk keyboard Indonesia atau keyboard default. Jika sudah selesai Klik Apply pada kotak dialog paling bawah, setelah itu klik OK

9. Selesai sudah cara menginstall layout keyboard Turki pada komputer kita.
10. Cara pemakaian dari keyboard ini selanjutnya sangatlah mudah, kita cukup menekan tombol shortcut yang telah kita tentukan tadi untuk mengubah layout keyboard kita.
Tambahan
Untuk mengecek apakah kita telah berhasil menginstall keyboard turki apa belom mari kita coba memakainya. Pada keyboard nyata kita memang tidak ada perubahan yang terjadi (tentu saja) tapi mari kita lihat pada Keyboard Virtual tapi sebelumnya kita aktifkan dulu keyboards Turki kita dengan menekan tombol Ctrl + Shift + 2 (sesuai yang telah kita tentukan tadi) setelah itu kita panggil keyboards virtual yang telah ada secara default pada Windows 7 dengan cara seperti berikut
1. Klik Start Menu
2. Pada Kotak Dialog Pencarian ketikkan “On Screen Keyboard” maka akan muncul keyboard virtual tersebut, klik untuk mengaktifkannya
3. Tampilan keyboards tersebut akan menjadi seperti dibawah ini. Bagaimana? Ada yang aneh ? Beginilah bentuk keyboard Turki yang telah kita install tadi

4. Untuk mencobanya mari kita buka Notepad atau Text editor apapun terserah selera masing-masing :)
5. Klik langsung pada Keyboards Virtual maka huruf tersebut akan langsung secara otomatis terketik di notepad
6. Jika terasa susah harus mengklik Keyboard virtual, maka kita bisa pakai keyboard asli kita, cukup hapal saja posisi huruf yang ingin diketik (jika tidak ingin menghapalnya tetap aktifkan Keyboard virtual keyboardnya :) )
7. Demikianlah cara pemakaiannya, mudah bukan? Jika masih merasa ada kesulitan bisa ditanyakan langsung disini, dengan senang hati akan saya jawab semampu saya

Comments