Communication Skills

Siapapun, bekerja di bidang apapun, memerlukan kemampuan komunikasi. Orang yang pandai berkomunikasi, memudahkan dalam menjalin relasi dengan yang lain. Komunikasi yang efektif diperlukan oleh setiap orang dalam menjalani kehidupannya.
Pengertian
Komunikasi adalah transfer informasi beserta pemahamannya dari satu pihak ke pihak lain, melalui alat-alat berupa simbol-simbol yang penuh arti.
Mengapa perlu communication skills?
  • Leadership =Self confidence + Human Relationship + Communication skill (Dale Carnegie)
  • Komunikasi merupakan keahlian yang paling penting dalam hidup (Stephen R. Covey)
Cara umum berkomunikasi
  • Ucapan ————-Image visual
  • Bahasa tulisan ——-Bahasa tubuh
Semua metode komunikasi penting, tetapi di sini saya akan membahas perlunya komunikasi secara lisan, karena: 70% dari seluruh komunikasi kita pada umumnya tidak dimengerti, disalah artikan, ditolak, tidak disukai, di distorsi, atau tidak didengar (walaupun kita menggunakan bahasa dan memiliki budaya yang sama).
Lingkungan Komunikasi
  • Komunikasi ke atas: menyampaikan ide, usulan, melapor dan minta pendapat atau persetujuan atasan
  • Komunikasi ke bawah: memberi perintah, menyampaikan informasi, memberikan kritik membangun, menilai hasil pekerjaan, menegur dan memuji
  • Komunikasi horizontal: koordinasi, memberi informasi dan minta pendapat
  • Komunikasi diagonal: antara bawahan dengan atasan yang bukan atasannya langsung
Fakta komunikasi : Words 7%, Voice 38% dan Look/action 55 % (Dr. Albert Meridian, UCLA Professor, 10 year study of non verbal communication).
Apa yang menyebabkan distorsi?
Hal-hal yang menyebabkan distorsi, antara lain: Persepsi , lingkungan/ kebisingan, bahasa, prasangka, tata bahasa, pemilihan kata, ekspektasi, ketahanan konsentrasi, emosi, pendengaran, nuasa, kecepatan berpikir
Mengapa diperlukan interpersonal skills?
  • Sangat dibutuhkan dalam berhubungan dan bekerja sama dengan orang lain
  • Kemampuan berkomunikasi secara efektif, mendengar dan mengungkapkan
  • Kemampuan memberi dan menerima masukan
  • Mampu bekerja dengan baik dalam kelompok
Aspek dalam komunikasi
  1. Mendengarkan : memberikan perhatian penuh terhadap keseluruhan isi komunikasi verbal seseorang, tanpa memikirkan apa yang kita katakan nantinya, apa yang kita butuhkan saat itu dan sebagainya.
  2. Menghindari distraksi: kurangi kebisingan, jangan memikirkan apa yang akan dikatakan, jangan memikirkan hal-hal lain
  3. Memberikan perhatian melalui: bahasa tubuh (gerakan badan, ekspresi/raut muka, postur, nada bicara), kontak pandangan mata, anggukan kepala
  4. Mendengar secara aktif , dapat dilakukan dengan jalan: tidak menginterupsi, memusatkan perhatian, mengungkapkan kembali dengan kalimat lain, menyimpulkan atau menyingkat inti ucapan, mengajukan pertanyaan terbuka, memperhatikan bahasa non verbal yang digunakan
Hearing Vs Listening
Hearing: The vibration of sound waves on the eardrum and the firing of electrochemical impulses in the brain
Listening: Paying close attention to, and making sense of, what we hear
Listening
  • Appreciative listening: mendengarkan untuk mendapatkan hiburan
  • Emphatic listening: mendengarkan dalam konteks memberikan dukungan emosional
  • Comprehensive listening: mendengarkan untuk memahami/mencerna pesan
  • Critical listening: mendengarkan dengan tujuan mengevaluasi pesan untuk diterima atau ditolak
Komunikasi yang baik, adalah
  • Kongruen antara yang kita pikirkan, ucapkan dengan yang kita lakukan
  • Keinginan untuk mendengarkan
  • Tingkat keterbukaan
  • Respek terhadap orang lain
Bagaimana cara memberi feed back?
Memberikan masukan secara konstruktif, antara lain dengan :
  • Secara positif
  • Spesifik
  • Tidak menghakimi
  • Sensitif
  • Mendorong dan memotivasi
  • Dapat dilakukan dua arah
  • Tepat waktu
Feed back tips
  • Describe the behavior
  • Impress the impact
  • State your expectation
  • Communicate the concequences
  • Obtain agreement for the future action
Bagaimana menerima masukan?
  • Bersikap secara terbuka dan menerima
  • Mendengar apa yang diucapkan
  • Waspada terhadap reaksi tiba-tiba
  • Konsentrasi pada isi
  • Bertanya bila tidak paham
  • Minta bantuan, saran, nasehat
Tips: Terimalah masukan sebagai hal positif yang mendorong kemajuan, keahlian dan kinerja anda.

Comments