Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Software Portable


Semakin banyak software terinstal pada sebuah komputer atau laptop, maka hal ini akan menguras kapasitas dari memori dan ruang hardisk komputer atau laptop kita. Jika semakin penuh, maka akan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Apalagi jika kita hobi bongkar pasang software, maka walaupun sebuah software sudah kita uninstall, tapi sebetulnya software tersebut masih akan meninggalkan jejak pada registry. Jadi, menggunakan software portable adalah pilihan terbaik untuk menjaga performa komputer kita.

kelebihan software portableSebagian besar software portabel dibuat bertujuan untuk mengurangi penggunaan memori dan ruang hard disk dibandingkan dengan aplikasi asli yang ketika digunakan harus melalui proses instalasi terlebih dahulu. Inilah yang membuat daya pikat bagi kebanyakan orang, software portabel langsung bisa digunakan tanpa melalui proses instalasi yang diperlukan seperti software aslinya.

Software portabel yang legal yang diterbitkan di situs Portableapps.com, sepintas akan terlihat menyerupai struktur folder dalam satu dokumen. Sedangkan software portabel yang terdapat bukan dari Portableapps.com, biasanya hanya memiliki satu file ekstensi misalnya software MDMA. Silahkan kawan mengunjungi situs tersebut untuk melihat software apa saja yang sudah portable.

Kelebihan Software Portable
Berikut ini bisa kita ketahui kelebihan yang dimiliki oleh software portable ;

1. Ringkas dan Fleksibel
Sesuai dengan namanya portable yang berarti ringkas dan bisa juga fleksibel, mudah dibawa kemana-mana, bisa disimpan pada flashdisk. Inilah yang membuat saya sangat menyukai software portable. Mungkin suatu saat kita menggunakan komputer orang lain atau komputer milik teman yang di dalamnya tidak terdapat sebuah software yang kita perlukan. Dan disaat itu pula kita membawa flashdisk yang terdapat software yang kita perlukan. Kita tinggal colok flashdisk, lalu buka software portablenya. Bagaimana kawan, mudah bukan?

2. Aman digunakan di komputer umum manapun saat browsing
Dalam arti aman disini adalah saat kita menggunakan komputer orang lain misalnya saja di warnet untuk membuka situs yang mengharuskan kita untuk log in seperti facebook, gmail, yahoomail, dsb, jika kita khawatir password kita terekam oleh software jahil yang tersembunyi di dalam komputer itu, maka kita tinggal membuka browser firefox, chrome, atau opera portable lewat flashdisk yang kita bawa untuk menuju facebook. Maka log kita tidak akan terekam pada web browser komputer yang kita pakai, melainkan pada web browser portable yang ada pada flashdisk kita.

Hal di atas berlaku saat kita membawa flashdisk. Lalu bagaimana jika flashdisk kita tertinggal di rumah? Tenang saja, kunjungi saja Portableapps.com, download firefox portable disana. Saya kira untuk sekedar men-download firefox portable yang berukuran 19 MB pasti di warnet juga sebentar. Setelah download, pindah file ke desktop lalu ekstract disana. Gunakan firefox portable tadi dan setelah selesai, hapus semua firefox yang telah kita download tadi. Dengan begini, tidak ada jejak browsing yang tertinggal di warnet, aman!

3. Membuat Sistem pada Registry Lebih Bersih
Seperti yang telah saya sampaikan di awal jika sebuah software yang telah terinstall di dalam windows, maka secara otomatis akan mencatatkan jejaknya pada sistem registry. Menurut wikipedia, Windows Registry adalah database hirarki yang menyimpan pengaturan konfigurasi dan pilihan pada sistem operasi Microsoft Window. Dan sebenarnya saat proses uninstall dilakukan, ini hanya menghapus sebagian file dan bukan menghapus secara keseluruhan hingga bersih.

Oleh karena itu, saat kita menggunakan software portable, hal di atas tidak akan terjadi dan sistem registry tetap bersih.

4. Gratis
Gratis namun asli merupakan kata-kata yang semua orang menyukainya. Semua software portable yang terdapat pada Portableapps.com disediakan secara gratis. Kita bisa men-download software terbaru yang portable disana. Walaupun banyak juga di internet berbagai macam software portable gratis, tapi mungkin saja itu bukan yang asli yang mendapat ijin secara langsung dari software pengembang.

Saat kawan mendapatkan software portable dari Portableapps.com, lalu kawan hendak menjalankan, saat itu akan terlihat seperti menginstall software biasa. Ikuti saja panduannya sampai selesai. Karena sebetulnya itu hanya proses axtract file yang nantinya akan menjadi satu folder file portable. Extract-lah pada disk D atau E agar terkesan rapi.

Itulah sedikit pencerahan tentang kelebihan softwrae portable. Silahkan kawan bisa langsung mengunjungi http://portableapps.com/ untuk berburu software portable gratis dan asli tentunya. Namun, jika jika kita mau, kita juga bisa membuat software portable sendiri dengan memanfaatkan berbagai software gratis di internet. Salah satunya dengan menggunakan Winrar.

Comments