Pengertian Negara Menurut Para Ahli

Find4Something - Pengertian negara dari para ahli memiliki definisi yang bermacam-macam. Para ahli ini mendefinisikan negara dengan berbagai pemikiran dan sudut pandang sehingga muncul berbagai macam pengertian negara. Dari berbagai macam pengertian negara yang dikemukaan para ahli tersebut nanti kita dapat menyimpulkan sendiri seperti apa definisi negara dan kita dapat mengetahui bahwa negara dibagi dalam beberapa aspek. Kita dapat ambil beberapa contoh berikut tentang pengertian negara dari beberapa ahli.
Menurut filosof Yunani, Plato, negara adalah persekutuan manusia yang muncul karena adanya keinginan manusia dalam memenuhi kebutuhan yang beraneka ragam. Dengan adanya kebutuhan yang beragam, manusia dituntut untuk memenuhinya dan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut manusia memerlukan manusia lainnya sehingga muncullah persekutuan manusia membentuk kelompok-kelompok yang akhirnya membentuk sebuah negara. Pendapat seorang Aristoteles tentang pengertian negara adalah negara adalah persekutuan manusia dari keluarga dan desa untuk mencapai kehidupan sebaik-baiknya. Bukankah pendapat tersebut senada dengan pendapat dari Plato?
pengertian negara menurut para ahli
Ahli lainnya yang menjelaskan tentang pengertian negara adalah G. Pringgodigdo, SH yang nambahkan beberapa poin tentang pengertian negara. Dia berpendapat bahwa “Negara adalah organisasi kekuasaan atau organisasi kewibawaan yang memenuhi persyaratan tertentu yaitu harus ada : Pemerintah yang berdaulat, wilayah tertentu dan rakyat yang hidup teratur sehingga merupakan suatu bangsa.”
Dari pengertian negara di atas kita dapat menyimpulkan bahwa adanya suatu negara didasari oleh adanya kebutuhan untuk hidup bersama, pentingnya pemerintahan yang berdaulat, adanya wilayah tertentu dan rakyat yang hidup di wilayah tersebut. Poin-poin penting tersebut merupakan syarat berdirinya suatu negara namun satu hal lagi yang perlu dicermati adalah suatu negara harus memiliki aturan yang jelas yakni undang-undang untuk melaksanakan kehidupan bernegaranya.
Pengertian negara yang telah disebutkan hanya merupakan sebagian kecil pengetahuan tentang negara, sebagai warga negara sudah seharusnya kita memiliki jiwa nasionalisme kepada negara kita sendiri sebagai wujud pengabdian kita kepada negara.

Comments