Apa Itu Ping ? Ini Penjalasan Serta Fungsi Ping

Apa Itu Ping ? Ini Penjalasan Serta Fungsi Ping - Seperti yang Sobat pahami, koneksi internet mempunyai kecepatan yang berlainan, bergantung pada kualitas koneksi yang digunakan.

Untuk mengetahui kecepatannya, umumnya kita akan menggunakan aplikasi yang bisa mengukur kecepatan internet, nanti akan saya bahas di artikel selanjutnya.

kalo bicara masalah koneksi internet, ada satu parameter yang menurut ane tidak bisa ditinggalkan, yaitu ping.

Buat yang belumlah tahu apakah itu ping, serta apakah fungsinya, pada artikel ini ane ingin menjelaskannya.
Ini Penjalasan Serta Fungsi Ping

Ping, ialah satu parameter koneksi yang saat ini sangat kerap didapati. Contohnya, saat Sobat tengah buka aplikasi spesifik seperti game online.

Contohnnya seperti status ping di game PUBG Mobile ini :

Contoh Ping di PUBG


Nah, ping ini dapat dikatakan mempunyai manfaat yang khusus. Ditambah lagi untuk Sobat yang seringkali main game online, atau seringkali streaming.

Mengapa?

Lanjut, ke bahasan apakah itu ping :

Apa itu ping? 


Ping ialah singkatan dari Packet Internet Gropher, yang pada dasarnya adalah satu perintah untuk cek respon pada klien serta server yang dituju. Serta umumnya, ping digunakan untuk tahu status kedua-duanya (Apa normal ataukah tidak).

Cara kerja ping sendiri sebetulnya cukuplah sederhana. Yaitu perangkat klien akan mengirim satu packet, serta server yang dituju akan mengirim tanggapan kembali ke arah ke piranti klien barusan.

Agar tidak bingung, gambarannya kira-kira semacam ini :

Apa Itu Ping ? Ini Penjalasan Serta Fungsi Ping


Nah, dapat disaksikan, computer 1 akan mengirim request serta computer 2 akan mengirim akhirnya. Seperti itu ping kerja.

Ingin yang lebih jelas? Ini deskripsi setelah itu :

Penjalasan Serta Fungsi Ping


Cara Melakukan Ping :

Untuk lakukan ping, langkah paling mudah kita dapat menggunakan software spesifik. Seringkali, umumnya beberapa orang memakai program CMD (Windows) atau Terminal Emulator (Linux).

Nah, perumpamaannya untuk Windows. Kita dapat lakukan ping lewat cara tersebut :

Membuka CMD terlebih dulu. Triknya click tombol Windows + R >> tulis "CMD" >> lalu click OK.

Tuliskan perintah "Ping alamatserver" (Contoh Ping Google.com) lalu click Enter.

Jadi akhirnya bakal jadi tersebut :

Reply : Balasan dari server.

Bytes : Jumlahnya data yang diantar.

Time : Hasil tanggapan pada computer serta server yang dituju.

TTL : Singkatan dari Time to Live, berperan untuk lihat berapakah lama IP aktif.

Manfaat Ping Serta Fungsi Ping 

Manfaat ping kira-kira seperti yang ane katakan barusan, yaitu untuk mengecheck konektivitas internet apa normal ataukah tidak.

Diluar itu, ada 3 manfaat ping lainnya yang biasa digunakan beberapa orang, contohnya :

Mengecheck status web : Lewat ping, kita dapat tahu apa web yang ingin di buka normal ataukah tidak. Contohnya, bila Sobat berkunjung ke satu web, tetapi web itu tidak dapat di buka, kita dapat mengeceknya lewat ping.

Mengecheck tanggapan status koneksi : Lewat tanggapan ping, kita dapat tahu berapa besar delay dari koneksi yang digunakan. Umumnya ini digunakan beberapa gamer, untuk tahu pemicu saat berlangsung lag.

Mengecheck kualitas jaringan : Ping, ditulis dalam unit MS (Milisecond), yang makin kecil nilainya makin bagus responnya. Lewat perintah ping ini kita dapat juga tahu kualitas jaringan yang digunakan.

Ini Yang harus diIngat dan diperhatikan : 

Beda dengan mengecheck kecepatan koneksi internet, tanggapan ping semakin lebih baik bila nilainya kecil (Di bawah 100ms).

Bukan tiada fakta, sebab nilai tanggapan yang tinggi, akan membuat kecepatan koneksi pada computer serta server jadi terhalang.

Ini seringkali dihadapi beberapa gamer. Waktu ping mereka tinggi, game yang dimainkan automatis bisa menjadi lag atau patah-patah.

Penutupnya guys....

Nah, demikian dikit bahasan ane mengenai apakah itu ping serta apakah manfaat ping.

Ane membuat artikel ini sebab lihat cukuplah banyak beberapa orang yang hoby main game serta seringkali lihat feature ping di dalam gamenya, akan tetapi bingung mengenai apakah manfaat ping sebetulnya.

Dengan artikel ini, ane berharap Sobat dapat dikit lebih memahami mengenai pemahaman ping. Tetapi jika ada yang masih tetap kurang jelas, Sobat dapat menanyakannya melalui kotak kometar di bawah.

Mudah-mudahan berguna....

Comments