Langkah-langkah manual untuk mengembalikan registri rusak yang menghalangi kerja Windows XP - Find4Something

Langkah-langkah manual untuk mengembalikan registri rusak yang menghalangi kerja Windows XP

Selamat pagi sobat find4something. Sekarang saya akan share tentang Langkah-langkah manual untuk mengembalikan registri rusak yang menghalangi kerja Windows XP.
Langkah yang dijelaskan dalam artikel ini menggunakan Konsol Perbaikan dan System Restore. Artikel ini juga menyebutkan semua langkah yang dibutuhkan dalam urutan yang spesifik untuk memastikan bahwa prosesnya telah benar-benar selesai. Ketika Anda menyelesaikan prosedur ini, sistem akan kembali ke kondisi yang mendekati sebelum munculnya masalah. Jika Anda pernah menjalankan NTBackup dan menyelesaikan system state backup, Anda tidak perlu mengikuti prosedur di bagian kedua dan ketiga. Anda dapat langsung menuju ke bagian keempat.
Bagian pertama
Pada bagian pertama, Anda memulai Konsol Perbaikan, membuat folder sementara, membuat cadangan file registri ke lokasi baru, menghapus file registri dari lokasi yang lama, dan kemudian menyalin file registri dari folder perbaikan ke dalam folder System32\Config. Ketika Anda menyelesaikan prosedur ini, sebuah registri akan terbentuk dan Anda dapat menggunakan Windows XP. Registri ini dibuat dan disimpan pada saat konfigurasi Windows XP pertama kali. Oleh karena itu semua perubahan dan konfigurasi yang dilakukan setalah selesainay program Setup akan hilang.

Untuk menyelesaikan bagian pertama, ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Masukkan disk startup Windows XP kedalam drive floppy, atau masukkan CD-ROM Windows XP kedalam drive CD-ROM, dan kemudian boot ulang komputer.
    Klik untuk memilih opsi yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer dari CD-ROM, jika muncul pilihan boot komputer.
  2. Ketika muncul layar "Welcome to Setup", tekan tombol R untuk menjalankan Konsol Perbaikan.
  3. Jkka Anda memiliki komputer dual-boot atau multi-boot, pilih instalasi yang ingin Anda akses dari Konsol Perbaikan.
  4. Jika diminta, masukkan kata laluan Administrator. Jika kata laluan Administrator tidak didefinisikan, cukup tekan ENTER.
  5. Pada prompt perintah Konsol Perbaikan, ketik baris berikut, tekan ENTER setelah Anda selesai mengetikkan setiap baris:
    md tmp
    copy c:\windows\system32\config\system c:\windows\tmp\system.bak
    copy c:\windows\system32\config\software c:\windows\tmp\software.bak
    copy c:\windows\system32\config\sam c:\windows\tmp\sam.bak
    copy c:\windows\system32\config\security c:\windows\tmp\security.bak
    copy c:\windows\system32\config\default c:\windows\tmp\default.bak
    delete c:\windows\system32\config\system
    delete c:\windows\system32\config\software
    delete c:\windows\system32\config\sam
    delete c:\windows\system32\config\security
    delete c:\windows\system32\config\default
    copy c:\windows\repair\system c:\windows\system32\config\system
    copy c:\windows\repair\software c:\windows\system32\config\software
    copy c:\windows\repair\sam c:\windows\system32\config\sam
    copy c:\windows\repair\security c:\windows\system32\config\security
    copy c:\windows\repair\default c:\windows\system32\config\default
  6. Ketik exit untuk mengakhiri Konsol Perbaikan. Komputer Anda akan memulai ulang.
Catatan Prosedur ini berasumsi bahwa Windows XP terinstal di folder C:\Windows. Pastikan bahwa Anda mengganti C:\Windows ke lokasi windows_folder yang tepat, jika lokasinya berbeda.

Jika Anda memiliki akses ke komputer lain, untuk menghemat waktu, Anda dapat menyalin teks di langkah kelima, dan kemudian membuat file text bernama (misalnya) "Regcopy1.txt". Untuk menggunakan file ini, jalankan perintah berikut ketika Anda memulai Konsol Perbaikan:
batch regcopy1.txt
Dengan menggunakan perintah batch di Konsol Perbaikan, Anda dapat memproses semua perintah di file text secara berurutan. Ketika Anda menggunakan perintah batch, Anda tidak perlu mengetik perintah-perintah itu secara manual.
Bagian kedua
Untuk menyelesaikan prosedur yang dijelaskan pada bagian ini, Anda harus masuk sebagai Administrator, atau pengguna Administrator (pengguna yang akunnya terdaftar sebagai anggota grup Administrator). Jika Anda menggunakan Windows XP Home Edition, Anda dapat masuk sebagai pengguna Administrator. Jika Anda masuk sebagai Administrator, Anda harus memulai ulang Windows XP Home Edition dalam mode Safe. Untuk memulai Windows XP Home Edition dalam mode Safe, ikuti langkah-langkah berikut.

Catatan Sebelum melanjutkan, Anda sebaiknya mencetak instruksi berikut. Anda tidak dapat melihat instruksi ini setelah Anda memulai ulang komputer pada mode Safe. Jika Anda menggunakan sistem file NTFS, pastikan untuk mencetak artikel Basis Pengetahuan nomor KB309531. Langkah ke-7 memuat referensi kepada artikel tersebut.
  1. Klik Start, klik Shut Down (atau klik Turn Off Computer), klik Restart, dan kemudian klik OK (atau klik Restart).
  2. Tekan tombol F8.
    Pada komputer yang diatur untuk memulai ulang beragam sistem operasi, Anda juga dapat menekan tombol F8 ketika Anda melihat menu Startup.
  3. Gunakan tombol panah untuk memilih opsi mode Safe yang sesuai, kemudian tekan ENTER.
  4. Jika Anda memiliki sistem boot ganda atau boot-multi, gunakan tombol panah untuk memilih instalasi yang ingin Anda akses, dan kemudian tekan ENTER.
Pada bagian kedua, salin file registri dari lokasi cadangan dengan menggunakan System Restore. Folder ini tidak tersedia pada Konsol Perbaikan dan biasanya tidak terlihat pada operasi penggunaan normal. Sebelum Anda memulai prosedur ini, Anda harus mengubah beberapa pengaturan untuk membuat folder ini dapat terlihat:
  1. Mulai Windows Explorer.
  2. Pada menu Tools, klik Folder options.
  3. Klik tab View.
  4. Dibawah Hidden files and folders, klik untuk memilih Show hidden files and folders, dan kemudian klik untuk menghapus pilihan pada kotak Hide protected operating system files (Recommended).
  5. Klik Yes ketika muncul kotak dialog yang mengkonfirmasi bahwa Anda ingin menampilkan file-file tersebut.
  6. Klik-ganda pada drive dimana Anda menginstal Windows XP untuk melihat daftar folder. Sangat penting bahwa Anda memilih drive yang tepat.
  7. Buka folder System Volume Information. Folder ini tidak tersedia dan terlihat abu-abu karena diatur sebagai folder sangat tersembunyi.
    Catatan Folder ini berisi satu atau lebih folder _restore {GUID} seperti "_restore{87BD3667-3246-476B-923F-F86E30B3E7F8}".
    Catatan Anda mungkin menerima pesan kesalahan berikut: C:\System Volume Information is not accessible. Access is denied.
    Jika Anda menerima pesan kesalahan tersebut, pahami artikel Basis Pengetahuan Microsoft untuk mendapatkan akses kedalam folder dan melanjutkan prosedure yang dibutuhkan: 309531 Bagaimana mendapatkan akses kedalam folder System Volume Information
  8. Buka folder yang dibuat sebelum waktu saat ini. Anda mungkin harus mengklik Details pada menu View untuk melihat kapan folder tersebut dibuat. Mungkin ada satu atau beberapa folder yang namanya diawali dengan "RPx " dibawah folder ini. Folder tersebut berguna untuk pemulihan.
  9. Buka salah satu folder untuk mencari sub folder Snapshot. Path berikut merupakan salah satu contoh path ke folder Snapshot: C:\System Volume Information\_restore{D86480E3-73EF-47BC-A0EB-A81BE6EE3ED8}\RP1\Snapshot
  10. Dari folder Snapshot, salin file berikut ke folder C:\Windows\Tmp:
    • _REGISTRY_USER_.DEFAULT
    • _REGISTRY_MACHINE_SECURITY
    • _REGISTRY_MACHINE_SOFTWARE
    • _REGISTRY_MACHINE_SYSTEM
    • _REGISTRY_MACHINE_SAM
  11. Beri nama baru pada file di C:\Windows\Tmp folder sebagai berikut:
    • Beri nama baru _REGISTRY_USER_.DEFAULT menjadi DEFAULT
    • Beri nama baru _REGISTRY_MACHINE_SECURITY menjadi SECURITY
    • Beri nama baru _REGISTRY_MACHINE_SOFTWARE menjadi SOFTWARE
    • Beri nama baru _REGISTRY_MACHINE_SYSTEM menjadi SYSTEM
    • Beri nama baru _REGISTRY_MACHINE_SAM menjadi SAM
File-file tersebut adalah cadangan file dari System Restore. Karena Anda menggunakan file registri yang dibuat oleh program Setup, registri ini tidak tahu bahwa ada file pemulihan telah tersedia. Sebuah folder baru dibuat dengan GUID baru didalam System Volume Information dan titik pemulihan dibuat dan didalamnya terdapat salinan file registri yang telah disalin pada bagian pertama. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menggunakan folder terbaru, khususnya jika tanda waktu folder sama dengan waktu pada saat ini.

Konfigurasi sistem pada saat ini tidak mengetahui titik pemulihan sebelumnya. Anda harus memiliki salinan registri dari titik pemulihan sebelumnya agar titik pemulihan sebelumnya tersedia kembali.

File registri yang disalin ke folder Tmp di folder C:\Windows dipindahkan untuk memastikan bahwa file-file tersebut tersedia dalam Konsol Pemulihan. Anda harus menggunakan file-file tersebut untuk menggantikan file registri yang saat ini berada didalam folder C:\Windows\System32\Config. Secara standar, Konsol Pemulihan memiliki keterbatasan akses folder dan tidak dapat menyalin file dari folder System Volume.

Catatan Prosedur yang dijelaskan pada bagian ini berasumsi bahwa Anda menggunakan komputer dengan sistem file FAT32. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai bagaimana mengakses folder System Volume Information dengan sistem file NTFS, klik nomor artikel berikut ini untuk membukanya di Basis Pengetahuan Microsoft:
309531 Bagaimana mendapatkan akses kedalam folder System Volume Information
Bagian ketiga
Dalam bagian ketiga, Anda akan menghapus file registri yang ada, dan kemudian menyalin file registri System Restore Registry ke folder C:\Windows\System32\Config:
  1. Mulai Konsol Pemulihan.
  2. Pada prompt perintah, ketik baris berikut, tekan ENTER setelah Anda mengetik setiap baris: del c:\windows\system32\config\sam

    del c:\windows\system32\config\security
    del c:\windows\system32\config\software
    del c:\windows\system32\config\default
    del c:\windows\system32\config\system
    copy c:\windows\tmp\software c:\windows\system32\config\software
    copy c:\windows\tmp\system c:\windows\system32\config\system
    copy c:\windows\tmp\sam c:\windows\system32\config\sam
    copy c:\windows\tmp\security c:\windows\system32\config\security
    copy c:\windows\tmp\default c:\windows\system32\config\default Catatan Beberapa baris perintah mungkin terpotong agar mudah terbaca.
  3. Ketik exit untuk mengakhiri Konsol Pemulihan. Komputer Anda akan memulai ulang.
 Catatan Prosedur ini berasumsi bahwa Windows XP terinstal di folder C:\Windows. Pastikan bahwa Anda mengganti C:\Windows ke lokasi windows_folder yang tepat, jika lokasinya berbeda.

Jika Anda memiliki akses ke komputer lain, untuk menghemat waktu, Anda dapat menyalin teks di langkah kelima, dan kemudian membuat file text bernama (misalnya) "Regcopy2.txt". Untuk menggunakan file ini, jalankan perintah berikut ketika Anda memulai Konsol Perbaikan:

batch regcopy2.txt

Bagian keempat
  1. Klik Start, dan kemudian klik All Programs.
  2. Klik Accessories, dan kemudian klik System Tools.
  3. Klik System Restore, dan kemudian klik Restore to a previous RestorePoint.
Sumber http://support.microsoft.com/kb/307545/id-id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-langkah manual untuk mengembalikan registri rusak yang menghalangi kerja Windows XP"

Post a Comment