Penjelasan Lengkap Tetang Hardisk - Find4Something

Penjelasan Lengkap Tetang Hardisk

Bagian-bagian harddisk 
Penjelasan Lengkap Tetang Hardisk | Find4something -  Apa Kabar sobat Find4something ? Teknologi memang tak ada matinya, selalu update dan berkembang terus,pada kesempatan kali ini tyotriks akan berbagi pengetahuan mengenai Pengertian dan Penjelasan Lengkap Mengenai Hardisk, tentunya sobat sudah tahukan mengenai hardisk ? yang berbentuk kotak itu loh, didalamnya ada piringan magnetis warnanya item. Nah untuk lebih jelasnya perhatikan di bawah ini.
Harddisk adalah piranti hardware yang berfungsi sbagai penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.
Kapasitas hard disk dinilai dengan Bit, untuk ukuran hard disk saat ini sudah sampai ukuran Tera Bit (TB) yaitu Milyaran Bit. Berikut nilai satuan untuk bit (Kalo salah mohon koreksinya)
  • 1 TB = 1024 GB (Giga Bit)
  • 1 GB = 1024 MB (Mega Bit)
  • 1 MB = 1024 KB (Kilo Bit)
  • 1 KB = 1024 Bit

Jenis-jenis Harddisk

1. IDE

Jenis Hard Disk - IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive.
2. ATA

Kebanyakan type drive yang digunakan oleh para pengguna komputer adalah tipe ATA (dikenal dengan IDE drive). Tipe ATA di buat berdasarkan standart tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit paralel dan terus berkembang dengan penambahan kecepatan transfer dan ukuran sebuah disk. Standart terakhir adalah ATA-7 yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2001 oleh komite T13(komite yang bertanggung jawab menentukan standart ATA)
3. SATA

Jenis Hard Disk - SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec

4. Harddisk SSD

Jenis Hard Disk - Seperti yang kita ketahui bahwa Harddisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki bagian yang bergerak.

Sekian artikel dari tyotriks mengenai  Penjelasan Lengkap Tentang Hardisk. semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Lengkap Tetang Hardisk"

Post a Comment