Asal Nama Sistem Operasi

Pernahkah anda bertanya kenapa microsoft menamakan sistem operasinya dengan sebutan Windows ? kenapa tidak Door atau floor atau sekalian aja Perabotan Rumah tangga sekalian ? Dan mungkin masih banyak yang belum tau XP itu singkatannya apa ? Begitu juga dengan nama salah satu distro linux populer saat ini Ubuntu, dari mana asal muasal nama-nama tersebut ? Nah disini dia jawabannya, dari mana asal nama Sistem Operasi diambil.

MS-DOS

Micro Soft Disk Operating System (MS-DOS) yang pada awalnya kepunyaan dari Seattle Consumer Products’ Quick and Dirty Operating System (QDOS). MS-DOS tidak mempunyai Graphical User Interface (GUI) seperti sekarang ini. Semua dijalankan di command prompt. Singkatan DOS tidak selalu MS-DOS karena DOS adalah istilah umum untuk Disk Operating Sistem, dan MS-DOS adalah salah satu dari beberapa DOS lainnya seperti Apple DOS, AmigaDOS, freeDOS,dll.

Windows 1.0 - NT 4.0

Disinilah awalnya sistem operasi kepunyaan microsoft itu di namakan windows, karena user sudah bisa berinteraksi dengan GUI yang berupa "jendela-jendela" . Sampai sekarang sistem operasi ini masih menggunakan windows sebagai namanya. Dan nomor-nomor di belakangnya adalah versi dari windows tersebut.
Sampai akhirnya microsoft mengeluarkan New Technology (NT). Windows NT4.0 adalah yang pertama mengimplementasikan kernel NT yang baru dandirilis pada tahun 1996 dengan menggunakan User Interface Windows 95.
Microsoft untuk beberapa saat mereka mulai penamaan sistem operasi Windows dengan tahun rilis. Windows 95, 98, dan Millennium Edition(ME) semua dibangun dari kernel Windows 3.1. Millennium Edition di rilis pada tahun 2000 dan dirancang untuk digunakan pada komputer rumah sementara Windows 2000 dirancang untuk komputer bisnis.
Windows 2000 menggunakan kernel NT dan merupakan penerus langsung untuk NT 4.0, kemudian digantikan oleh Windows XP.

Windows XP, Vista dan 7

Windows XP (eXPerience) dirilis tahun 2001terus di kembangkan dengan mengeluarkan Service Pack sampai pada tahun 2007 hingga akhirnya microsoft merilis Windows Vista. Windows VistaMenurut microsoft vista mendapat namanya karena “At the end of the day…what you’re trying to get to is your own personal Vista.”. Itu sangat filosofis dari Microsoft tetapi pada akhirnya mereka pindah ke pendekatan yang lebih sederhana dengan Windows 7.
Windows 7 adalah versi ketujuh Windows sejak 95. 95 Meskipun bukan versipertama dari Windows jika anda menghitung 1.0-3.1, tetapi Windows 10.

System 1 - 7.5

Sistem operasi Apple dikembangkan untuk Personal Computer Macintosh.Sistem operasi selalu diikuti revisi dasar Skema penomoran dengan setiap rilis utama mendapatkan selisih 1 poin dengan update kecil mendapatkan kenaikan 0.1.
Apple Macintosh dirilis pada tahun 1984 dan diberi nama dari Apple McIntosh

Sistem 1-4 tidak memiliki dukungan multitasking yang mungkin terdengar familiar bagi sistem operasi Apple lainnya.
Tujuh versi pertama dari sistem operasi itu hanya disebut "System 1-7." ini berlaku sampai 7.6 ketika kata "System" dibuang demi sebuah nama yang lebih berharga "Mac OS".

Mac OS 8 - 10

Mac OS 8 keluar pada tahun 1997 tak lama setelah Steve Jobs kembali bekerja untuk Apple. Mac OS 8 yang seharusnya disebut versi 7.7 tapi diubah menjadi 8 karena celah hukum yang memungkinkan apple menutup pasaran Macintosh dari pihak ke-3.
Mac OS 9 yang sekarang dikenal sebagai yang terakhir dari "Classic" Mac OS.
Mac OS XOS X (OS Ten) adalah versi kesepuluh dari sistem operasi Mac dan Mac OS pertama berbasis Berkeley Software Distribution (BSD)

Linux

Linux sendiri dinamakan oleh Ari Lemmke yang menjalankan server FTP tempat kernel asli linux di upload. Linus Torvalds, pencipta kernel linux ingin menamai kernelnya Freax, tetapi Ari malah memberinya folder untuk menguploadnya bernama Linux. Nama linux berasal dari "Linus Minix" yang merupakan sistem operasi yang ingin digantikan oleh Linus untuk dirinya sendiri.

Ubuntu

Ubuntu (oo-BOON-too) berasal dari bahasa Zulu dan Xhosa di Afrika kira-kira berarti "kemanusiaan terhadap orang lain."
UbuntuSeperti banyak distribusi Linux, rilis Ubuntu memiliki dua nama untuk setiap rilis, nama kode pengembangan dan nama versi. Nama numerik untuk rilis didasarkan pada tahun dan bulan dari rilis, misalnya, versi 10,04 dirilis pada April 2010. Setiap dua tahun rilis dukungan jangka panjang (LTS) juga dibuat yang mengandung tulisan LTS dan juga memiliki rilis tambahan untuk perbaikan bug.
Nama kode ini didasarkan pada kenaikan abjad kata sifat dan hewan dari huruf yang sama. Penamaan hewan datang lebih awal dalam pengembangan dan biasanya mencerminkan keadaan distribusi Ubuntu saat ini, Misalnya Warty Warthog.
Ubuntu juga memiliki Turunan yang memiliki sebuah fokus yang spesifik, lokasi, atau perbedaan utama dalam sistem operasi yang membutuhkan nama distribusi yang berbeda. Beberapa turunan resmi Kubuntu, Xubuntu, Mythbuntu, dan Eubuntu. Semua turunan resmi mengikuti skema penamaan yang sama dengan Ubuntu.

Debian

Debian di namakan oleh penciptanya Ian Murdock yang merupakan gabungan namanya dan pacarnya Debra Lynn.
Setiap rilis debian memiliki nomor versi terkait (1.0, 2.0 dll) dan setiap rilis debian dinamai karakter dari film animasi Toy Story. Rilis terbaru 6.0 dinamai mainan alien "Squezee" .

Red Hat

Red Hat dinamai karena topi merah sebagai simbol kebebasan dan revolusi di Amerika dan Perancis.
Red Hat hadir dalam beberapa jenis, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), Fedora Project, dan CentOS.
Red Hat Enterprise Linux tidak menggunakan code name dalam rilis-rilisnya melainkan menggunakan nomor versi seperti halnya OS X.
Fedora mendapatkan namanya dari logo Red Hat di mana Shadowman, pria di logo, memakai topi fedora merah. Fedora 1-6 dikenal sebagai Fedora Core dan versi setelahnya tidak lagi menggunakan kata "core". Fedora
CentOS adalah versi publik yang didukung RHEL. Namanya berasal dari Community ENTerprise Operating System dan merupakan salah satu sistem operasi web server yang paling populer. Nomor Versi untuk CentOS mengikuti penomoran versi RHEL dan tidak memiliki nama kode.

Gentoo

Gentoo mendapatkan namanya dari Daniel Robbins setelah mengganti nama distribusi Enoch Linux. Gentoo pertama kali berganti nama ketika Daniel dan pengembang lain mulai menggunakan compiler EGCS bukan dari kompiler GCC untuk fitur yang ditambahkan dan kecepatan. Gentoo dinamai sesuai dengan nama penguin perenang tercepat, Gentoo penguin.

SuSE

SuSE adalah distribusi Jerman yang awalnya berdiri untuk "Software und System Entwicklung" dalam bahasa Indonesia yang berarti "Software dan Pengembangan Sistem". Sejak 1998 kata ini tidak lagi digunakan dan nama perusahaan menjadi SUSE.
Maskot SuSE adalah bunglon bernama "Geeko" diambil dari "gecko" dan "geek". SuSE sekarang dimiliki oleh Novell dan distribusi free nya dikenal dengan nama openSuSE
sumber=http://www.cipulaida.com/news/operating-system/asal-nama-sistem-operasi

Comments