Cara Membuat Video Dari Foto Dengan Windows Movie Maker

Find4Something - Video slideshow memang sangat digandrungi pada saat sekarang ini. Coba lihat saja di youtube, sangat banyak video-video slideshow yang diupload di sana. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, serta dapat dibuat dari berbagai jenis file, baik itu dari power point maupun dari foto atau gambar (picture). Namun dalam artikel ini hanya akan difokuskan bagaimana cara membuat video dari foto dengan menggunakan windowos movie maker. Kenapa dengan menggunakan movie maker? Karena kalau hanya sekedar untuk membuat video slideshow, windows movie maker sudah sangat powerfull untuk digunakan.
Oleh karena itu, pertama-tama Anda harus memiliki windows movie maker tersebut terlebih dahulu terutama / khususnya untuk pengguna windows 7. Karena berbeda dari windows xp di mana windows movie maker sudah tersedia langsung, di windows 7 aplikasi windows movie maker belum tersedia,

Cara Membuat Video dari Foto

1. Buka windows movie maker.
2. Klik "import media" di menu bar di bagian atas window (jendela). Pilih semua foto yang akan dijadikan video. Klik "Open".
3. Untuk menambahkan efek musik, klik "import media" di menu bar bagian atas window (jendela). Pilih file musik yang ingin Anda gunakan sebagai background musiknya.
4. Klik kanan pada tiap-tiap foto atau gambar, lalu klik "add to timeline", atau drag langsung fotonya ke timeine. Tambahkan satu persatu foto berdasarkan urutan yang Anda inginkan.
5. Lalu atur waktu / durasi dari tiap-tiap foto di bagian timeline. Cara nya, klik foto di bagian timeline, lalu arahkan scroll ke bagian/batas sebelah kanan dari foto tersebut, lalu geser ke kiri atau ke kanan sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.
Anda juga dapat menambahkan efek di tiap-tiap foto, caranya klik kanan pada foto di bagian timeline, lalu pilih "effecs".
6. Untuk menambah background musik di videonya, letakkan file musik yang telah Anda pilih sebelumnya (pada step 3) ke dalam timeline. Untuk menyesuaikan durasi musik dengan videonya, klik file musik yang berada di timeline, lalu arahkan scroll ke bagian paling kiri atau kanan dan tarik ke kiri atau ke kanan sesuai keinginan Anda.
7. Jika semua foto telah Anda masukkan ke timeline, waktu tayang per foto telah di atur, efeknya telah Anda seting (jika menggunakan efek), dan durasi musiknya juga telah Anda sesuaikan dengan durasi total videonya, sebelum Anda "save" ada baiknya putar videonya terlebih dahulu untuk memastikan video sudah sesuai dengan yang Anda inginkan dan background musiknya pun telah sesuai dengan videonya.
8. Setelah Anda yakin videonya telah sesuai dengan keinginan Anda, sekarang simpan / save filenya, caranya klik 'publish movie" yang terletak pada menu bar.
Lalu pilih tempat penyimpanan atau tempat di mana Anda ingin menyimpan videonya. Jika ingin disimpan di komputer, pilih "this computer", lalu klik next.
Kemudian isi kolom file name dengan nama video Anda dan pilih tempat penyimpanan video Anda, kemudian klik "next".
Terakhir pilih settingan "quality" dan "size" untuk video Anda, kemudian klik "publish".
Demikianlah cara membuat video dari foto dengan menggunakan windows movie maker.

Read more: Cara Membuat Video dari Foto dengan Menggunakan Windows Movie Maker http://www.arvie-13.com/2013/05/cara-membuat-video-dari-foto-dengan.html#ixzz2VLCbKEsB
Follow us: @_arvie13_ on Twitter | catatannyanewbie on Facebook

Comments