Cara Membuat Wifi Hotspot di Windows 8

Selamat siang sobat find4something. pada post kali ini saya akan berbagi kepada para sobat sekalian tentang bagaimana
cara membuat hotspot pada laptop windows 8 kita. Sementara pada windows 7 kita selalu bisa menggunakan WiFi HotSpot atau Connectify untuk membuat hotspot WiFi, saya akhirnya ingin membuat satu hotspot dengan menggunakan sistim operasi Windows 8. Prosedur untuk membuat hotspot pada Windows 8 sedikit berbeda dengan Windows 7. Ketika saya mencoba untuk melakukannya pada laptop saya dengan OS Windows 8, saya melihat kalau pengaturan untuk membuat jaringan ad hoc melalui Network and Sharing Center tidak ada. Lalu satu-satunya jalan untuk membuat ad-hoc adalah dengan menggunakan utilitas netsh. Ingin tahu lebih jauh? 
Aktifkan Internet Connection Sharing di Windows 8
Untuk memulai, Anda harus memulai perintah pertama sebagai administrator. Buka Win + X pada menu dan pilih Command Prompt (Admin).


Windows CMD akan terbuka. Ketik command berikut dan tekan Enter:
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=AriNet key=artechies
Keterangan : AriNet adalah nama laptop saya dan artechies adalah password saya.

Selanjutnya, ketik kode berikut di windows CMD dan tekan Enter:
netsh wlan start hostednetwork


Sebelum melangkah lebih jauh, kita bahas sedikit apa itu Wireless Hosted Network.
Wireless Hosted Networks WLAN features are supported on Windows 7, Windows Server 2008 R2 and later with the Wireless LAN Service installed. This feature implements two main functions:
Virtualization of the physical wireless adapter into more than one virtual wireless adapter is sometimes called Virtual Wi-Fi.
A software-based wireless access point (AP) is sometimes referred to as SoftAP using the designated virtual wireless adapter.
Anda bisa melihat penjelasan yang lebih dalam mengenai Wireless Hosted Network dan perintah netsh di MSDN .

Buat hotspot WiFi di Windows 8
Selanjutnya buka Control Panel \ Control Panel Items All \ Network and Sharing Center. Pada sistim operasi Windows 7, terdapat pilihan Manage wireless networks link, sedangkan pada Windows 8 tidak ada pilihan seperti itu.



Klik pada Change adapter settings. Anda akan melihat semua Network Connections.


Anda dapat melihat yang baru dibuat AriNet (Koneksi Local Area 13)  di sini. Klik kanan pada koneksi yang sedang Anda gunakan (dalam kasus saya ZTE Wireless Terminal) untuk terhubung ke Internet dan pilih Properties.


Klik pada tab Sharing di kotak Properties ZTE dan pilih Izinkan pengguna jaringan lain untuk terhubung melalui koneksi internet komputer . Di bawah koneksi jaringan Depan , dari menu drop-down, saya memilih Koneksi Local Area 13 dan klik OK.
Selesai !!
Anda bisa berbagi koneksi internet dan menciptakan hotspot Wi-Fi dari laptop Windows 8 Anda untuk digunakan bersama teman-teman atau keluarga anda.
Untuk mengkonfirmasi hotspot yang telah saya buat, saya mencoba membuka menu Settings pada Galaxy Tab 7.7 milik saya, pilih Wi-Fi, dan pilih jaringan yg telah dibuat lalu masukkan password yang telah kita tentukan tadi.



Comments