Pengertian Data Yang Harus Anda Ketahui

Find4something - Mungkin sebagian dari anda tidak terlalu mementingkan apa pengertian data. Apakah data itu? Bagi seorang peneliti atau ilmuwan, hal ini erat kaitannya dengan pekerjaan besar mereka. Pengertian data dapat dipahami sebagai kumpulan informasi-informasi, objek-objek yang dibutuhkan dalam suatu proses pengelolaan untuk mengklasifikasikan dan menata data tersebut menjadi suatu informasi yang utuh dan padu. Tapi mari kita lihat pengertian lain tentang data.
Dari Wikipedia disebutkan pengertian data adalah catatan atas kumpulan fakta. Apa maksudnya? Data harus berupa sesuatu yang nyata yang apa adanya. Data adalah bentuk jamak dari datum, dari bahasa Latin yang berarti ‘sesuatu yang diberikan’. Hal ini dapat dipahami bahwa data merupakan hasil dari pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.
pengertian data yang harus anda ketahui
Bagi peneliti atau ilmuwan, mereka selalu berurusan dengan data. Data-data yang mereka peroleh dari penelitian mereka olah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu interpretasi tentang apa yang mereka teliti. Dalam pengambilan data dikenal istilah sampling dan populasi. Sampling adalah pengambilan beberapa data yang dapat mewakili seluruh data di suatu populasi yang besar. Sementara populasi merupakan kumpulan data yang masih random dan belum terukur. Sample merupakan indikator atau contoh dari populasi yang dapat mewakili isi populasi sehingga peneliti tidak harus membuang waktu dan tenaga untuk memeriksa seluruh populasi.
Di suatu sumber menyebutkan bahwa data dicirikan sebagai sesuatu yang bersifat mentah dan tidak memiliki konteks. Dia sekedar ada dan tidak memiliki signifikansi makna di luar keberadaannya itu. Dia bisa muncul dalam berbagai bentuk, terlepas dari apakah dia bisa dimanfaatkan atau tidak.

Comments