Pengertian Software dan Macam-Macam Software

Find4Something - Pengertian software tentunya bukan hal yang asing lagi bagi pengguna komputer. Tapi kadang masih banyak yang belum memahami apa sebenarnya pengertian software tersebut. Maka kali ini  kita akan sedikit membahas tentang pengertian software dan macam-macam software.
Software sering kali disebut sebagai perangkat lunak. Namun jangan membayangkan jeli atau agar-agar atau bahkan kasur anda, ya. Dimaksudkan perangkat lunak karena berbeda dengan hardware atau perangkat keras yang dapat disentuh, dilihat dan berwujud benda. Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui software tersebutlah kita dapat mengoperasikan komputer dan memasukkan instruksi-instruksi tertentu.
 pengertian software dan macam-macam software
Banyak yang berkata bahwa tanpa software kita tidak bisa menggunakan komputer. Tentu saja, karena software merupakan media penyedia data yang dapat menghubungkan user dengan komputer. Tanpa software komputer hanyalah seperangkat alat yang tidak bisa difungsikan. Komputer membutuhkan software untuk dimanfaatkan.
Namun tanpa adanya hardware atau perangkat keras pun software juga tidak memiliki guna. Keduanya merupakan satu paket yang saling melengkapi dan harus ada untuk bisa saling difungsikan.
Ada berbagai macam software yang telah tercipta di dunia. Software-software tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Menurut komersialnya, Software dapat dibedakan menjadi dua yaitu software berbayar dan software gratis atau free. Software berbayar berarti kita diharuskan membayar sejumlah harga software sebelum menggunakan software tersebut. Misalnya Windows, Mac, dll. Kita juga tidak diperbolehkan menyebarluaskan atau menggandakan software berbayar tersebut. Selain itu ada freeware atau software yang disediakan sebagai versi trial yang bisa dicoba tanpa biaya. Setelah beberapa lama pemakaian kita mungkin akan diminta memperbaruhi versi software tersebut untuk mendapatkan fasilitas lebih dengan biaya tertentu. Ada juga istilah free ware yang mana terkadang membuat kita bingung apa perbedaan freeware dengan free ware. Free ware adalah software yang penggunaannya secara bebas. Belum tentu free ware ini selalu gratis bisa saja dia berbayar namun dalam pemakaiannya dibebaskan secara luas.

Comments