Tips Monetize Blog tanpa Adsense - Find4Something

Tips Monetize Blog tanpa Adsense

Find4something | Tips Monetize Blog tanpa Adsense - Sobat Find4something mau sekedar berbagi pengalaman monetize website ala Find4something (nubie). Mudah-mudahan aja meskipun ilmu disini ala kadarnya, kali aja bisa berguna buat sobat sekalian
Adsense Find4something

Kunci dan langkah yg find4something lakuin ;

Niche

Pilih niche yang khusus/terbatas. Semaksimal mungkin isi dari blog sobat membahas soal niche tersebut in-outnya dengan jelas. Konten sebisa mungkin bermanfaat dan memang diperlukan untuk niche tersebut. Ga ada konten 'sampah' dalam blog sobat..

Coba brainstorming aja untuk niche yg mau dipilih. Saat nongol di otak soal niche tertentu, coba googling dan teliti web yang muncul di halaman pertama. Perhatikan iklan yang muncul di web tersebut ; apakah pengiklan langsung atau adsense? apakah iklannya masih dalam satu niche? klik link advertiser tersebut dan catat webnya. Nantinya akan sobat jadikan sasaran penawaran direct iklan dari blog/web sobat.

Yang paling gampang adalah bikin blog soal hobby/passion/kesukaan sobat sendiri. Saat mengisinya lebih enak dan ringan..

Tips memilih niche : masuk ke web directory misalkan dmoz.org, lalu pilih-pilih aja dari sana. Bila perlu dikembangkan dan persempit lagi.

Struktur dan tampilan website

Gunakan theme yang tampilannya profesional, ringan, typographynya bagus, font enak dibaca. Tampilan ini dibutuhkan buat menampilkan kesan "profesional" dari blog yg sobat bikin, sehingga advertiser percaya.. seringkali meskipun konten dari web sobat bagus banget, tapi advertiser tidak tertarik karena tamppilan web yang kurang menarik.

Pastikan page about us dan contact di isi dengan rapi dan menarik. Gampangnya copas aja dari web lain lalu edit dan ubah dikit-dikit.
Pastikan pula theme yang digunakan ada menu untuk iklan /ads nya.

SEO dan konten

Buat SEO, karena skill find4something terbatas sekali, maka seo offpage nya pun seadanya dan semampunya aja. find4something pikir teman-teman disini skill seo offpage nya pasti lebih bagus dari find4something.

SEO onpage, find4something memastikan struktur konten web jelas hirarki nya, tidak acak-acakan. Langkahnya adalah di sebelum bikin web ;

research Keyword. Standar aja . pilih beberapa Keyword yang bisa sobat jadikan 'pecahan' dari niche yang sobat ambil. Gunakan sebagai kategori, selain buat konten juga.
bikin coret-coretan struktur dulu dari web yg akan dibuat.
analogi yg gampang saat bikin struktur website, bayangkan seperti bagan organisasi aja.. kategori sebagai sub struktur, dan post sebagai penguat dari kategori. Setelah dirasa oke barulah web dibuild.
alamat web tidak perlu Keyword dalam url, yang penting enak dan brandable.
Bahan artikel . Ambil dari hasil research Keyword diatas, cari longtail nya.. bisa dengan google suggestion. Satu artikel di isi dengan 2-3 longtail Keyword yang berdekatan.
Konten artikel sebisa mungkin berguna dan ga malu-maluin kalau di share oleh reader.
Fresh konten. Sebisa mungkin seminggu minimal ada 3-4 fresh konten. Gunanya fresh konten ini untuk menunjukan aktifitas dari web sobat. Sukur-sukur kalau fresh konten tersebut mengejar long tail Keyword dari niche yg diambil juga. Fresh konten bisa mengambil dari news-news dalam satu niche yg sobat ambil, lalu sobat gabungkan dan rewrite.
email list. Bikin email subscriber buat dapetin email list. Caranya standar aja sih.. daftar di program newsletter yg ngasih free akun seperti mailchimp dll, dan buat pemancing subscribernya bisa berupa ebook dll.
sosmed (facebook). ini find4something buat untuk generate traffic di awal-awal. find4something gunain facebook akun beberapa biji dan add friendnya tertarget. Cara nyari friend Fb tertargetnya bisa menggunakan facebook graph search.

Sepengalaman find4something, struktur web yg baik bikin enak visitor menikmati web sobat, dan juga cepat mendapatkan sitelink dari google. Selain itu, membikin flow link juice dalam web lebih bagus.


Monetize

Disaat web sobat udah dapet visitor stabil, barulah mulai untuk monetize. Langkah Tips Monetize Blog tanpa Adsense ;

Mencari calon advertiser . Caranya dengan googling di web se niche, lalu perhatikan iklan banner mereka; apakah se niche dengan webnya ? apakah direct advertiser, adsense, atau affiliasi ? kalau tidak seniche skip aja. Kalau direct advertiser atau adsense, lihat web pengiklan tersebut. masukan ke list yang akan sobat kirim email penawaran. kalau affiliasi, bisa sobat gunakan juga ntar affiliasi programnya buat nambah2 source income.
Buat email penawaran. Kirim email penawaran spot iklan yang profesional, sertakan dalam email tersebut media kit dalam bentuk PDF yang enak dilihat. Konten media kit berupa letak iklan yang ditawarkan, harga, kondisi iklan (jenisnya image/animasi, dirotasi atau tidak,muncul dimana aja, dll).
yang ditawarkan bisa berupa banner, email blast ke subscriber web, status di facebook grup/akun/page, twitter, dll .
Buat email khusus untuk advertising ini. Gunakan email dari web anda, jangan email gratisan. misalkan namaanda[at]webanda. com, pr[at]webanda. com
kirimkan email pendaftaran dan berdoa

Intinya :

Meskipun skill seo nya masih unyu seperti find4something, monetize bisa lumayan kok. Buat teman-teman yg sudah oke SEO nya, find4something yakin hasilnya bisa jauuh lebih besar. harga dari iklan yang ditawarkan bisa naik seiring dengan banyaknya visitor,subscriber, dll ...

Maaf kalau panjang dan isi seadanya, mudah-mudahan aja berguna.. yg penting berbagi

Jika ada masalah, hubungi saya di :


Semoga Bermanfaat :) Bryan Kapahang
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Monetize Blog tanpa Adsense"

Post a Comment