ASUS Xonar D2X: Sound Card Multimedia dengan Feature Lengkap

Review ASUS Xonar D2X: Sound Card Multimedia dengan Feature Lengkap | Find4something
ASUS Xonar D2X: Sound Card Multimedia dengan Feature Lengkap


Kelebihan:
- Menggunakan 4 buah DAC untuk masing-masing output port analog
- Dilengkapi dengan software perekaman dan MIDI expansion card
- Paket penjualan yang lengkap memudahkan instalasi

Highlights:
Output audio yang berlimpah serta mendukung penggunaan konfigurasi speaker 7.1 membuatnya menjadi salah satu sound card multimedia yang lengkap.
Kebutuhan akan sound card berkualitas saat ini meningkat karena banyak orang yang mulai menggunakan home theater PC (HTPC) di rumahnya. Pada kesempatan kali ini, CHIP menguji sebuah sound card dari ASUS yang diberi nama Xonar D2X. Sound card berjenis internal ini hadir dengan interface PCI Express x1 yang dapat ditemukan pada kebanyakan motherboard terbaru saat ini.
Dukungan audio 7.1 yang dimiliki sound card ini membuatnya dapat dijadikan salah satu pertimbangan Anda yang akan atau sudah menggunakan HTPC. Selain itu, beberapa fitur yang dimiliki sound card ini diklaim dapat memuaskan para gamer, terlebih gamer yang sering bermain game online.
Beberapa fitur yang dikhususkanuntuk para gamer di antaranya adalah Acoustic Echo Cancellation (AEC) yang menghadirkan kualitas komunikasi suara dengan baik, EAX 2.0, dan Dolby/DTS sound processing. Dalam hal catu daya, sound card ini tidak menggunakan konektor power molex seperti saudaranya, Xonar Essence STX, melainkan menggunakan konektor minimolex yang biasa ditemukan pada floppy drive.
Sebagai sound card multimedia, Xonar D2X memiliki kemampuan allround yang baik. Hal tersebut terlihat dari kemasannya yang menampilkan tiga penggunaan yang berbeda, yaitu gaming, home theater, dan musik.
ASUS Xonar D2X: Sound Card Multimedia dengan Feature Lengkap
Konektor power yang digunakan serupa dengan konektor penyuplai
daya floppy drive.
Paket penjualan yang diberikan (empat buah kabel 3,5 mm-RCA, dua buah RCA to optical adapter, MIDI expansion card dan kabel koneksinya, serta sebuah kabel optical) turut mendukung sound card ini. Selain itu, ASUS turut menyertakan CyberLink PowerDVD 7.0, Ableton Live Lite 7 Xonar Edition, dan Cakewalk (Sonar LE, Dimension LE, Project5 LE).
Kualitas suara yang dihasilkan sound card ini tidak perlu diragukan lagi, terlebih dengan penggunaan empat buah DAC Burr-Brown PCM1796 untuk masing-masing output, yaitu front, rear, center-subwoofer, dan side.


DATA TEKNIS
Jenis: sound card Internal
DAC: Burr-Brown PCM1796
S/N Ratio: 118 dB
Efek Suara: DS3D GX, EAX
Feature: DolbyDigitalLive, Dolby Pro-Logic, II, Doby VirtualSpeaker, DTS Connect, DTS Interactive, Acoustics, Echo Cancellation

Comments